Mustalah Hadith (Metode ketiga dalam pengambilan riwayat adalah Ijazah)
Mustalah Hadith
اساسي 2 خلاصة مصطلح الحديث ايات مصحف
Untuk download file PDF klik gambar |
خلاصة مصطلح الحديث:
Tarikh :
10 Zulkaedah, 1442 Hijriyah, Ahad, bersamaan 20/06/2021 Masehi
Mukasurat 73
Metode ketiga dalam pengambilan riwayat adalah Ijazah.
Ijazah, wazan apa? إفعال
افعل يفعل إفعالا
diambil dari jawazil ماء, yaitu lintasan air, berlalunya air, yang dialirkan kepada apa saluran, tempat berlalunya.
Walaupun bukan, masyiyah yaitu apa hewan ternak. yaitu tanaman-tanaman.
Intinya air yang diberikan kepada tanaman atau diberikan kepada ternak-ternak.
Dikatakan dalam penggunaannya, saya minta ijazah kepada Fulan lalu dia memberi saya ijazah. Alhamdulillah ini, kita sudah mendapatkan di dalam pelajaran apa? Eh sorof, masalah ijazah eh masaalah wazan إفعالة. Toyib, tapi karena ainnya itu dihilangkan karena apa? Dia adalah berupa. و huruf illah, maka apa? Untuk agar menjadi ringan, dia dihilangkan, tetapi semula dirubah menjadi alif. Lalu ada dua alif. Ini tidak sesuai. Maka alifnya dihilangkan lalu ditukar dengan ta' marbutah (ة), jadi ijazah.
Lalu dia memberikan saya ijazah cuma tadi yang di atas memang apa? Agak rancu giimana mal, mungkin salah cetak yaitu mad bukan mal
Apabila dia memberikan kepadamu air untuk hewan ternakmu atau area pertanian mu, untuk tanah. Maka demikian pula (di sini beliau kasih apa mmm huruf tebal), seorang penuntut ilmu, dia meminta dari orang alim ijazah untuk ilmunya itu. Lalu si alim memberikan ijazah ilmu tadi untuk si muridnya tadi.
Maka berdasarkan ini, boleh fiil-nya itu dijadikan masuk ke مفعول به nya, atau masuk ke makmulnya, objeknya tanpa huruf jar.
Tadi itu mmm apa itu boleh juga apa ajazali. Dan dua-duanya dipraktekkan oleh para ulama. Maka tadi apa? Yang kemudian yang berikutnya apa? Boleh pakai lam boleh tanpa. berarti enggak tahu ini ke mana eh. tanpa menyebutkan riwayat. wakil ada yang mengatakan ijazah artinya izin dari apa? Dikatakan jaiz yaitu apa sesuatu yang diperbolehkan diizinkan. berdasarkan ini maka dikatakan seperti apa? Karena ijazah di mana dan dua-duanya betul. Saya. untuknya meriwayatkan apa saja yang saya dengar dari guru saya dan jika si guru mengatakan saya memberikan ijazah. pada murid ini, apa yang saya dengar maka ini dihapus. Takdirnya apa?. riwayat dihapus karena sudah makruf, boleh dihapus. Mu'jam karya Ibnu Fariz. ijazah ada beberapa jenis ijazah sesuatu yang tertentu untuk orang tertentu bukan ijazah aman. contohnya saya memberikan ijazah kepadamu untuk meriwayatkan kitab Bukhari. atau saya mengijazahkan kepada si fulan ini orang tertentu tapi apa seluruh apa yang dikandungi apa yang terkandung di dalam dikandungi oleh fahrasul. itu apa? Daftar periwayatanku, walaupun apa? Ini lebih umum daripada sekedar Bukhari tentunya.. yang benar menurut jumhur ulama dan ahli hadis boleh meriwayatkan secara ijazah, secara mutlak tidak harus kita mendengar dari awal sampai akhir. boleh apa sebagiannya kita dengar dari guru lalu sisanya kita perolehi melalui ijazah itu boleh apa yang pasti bukunya itu memang buku yang sahih buku yang pasti dari gurunya lalu. walaupun kita tidak dengar gurunya mengatakan saya izinkan engkau meriwayatkan apa saja di dalam buku ini. Intinya secara mutlak ijazah itu boleh yang penting apa? Memenuhi syarat yang ditetapkan oleh gurunya tentunya.. menyatakan ini sudah disepakati ulama walaupun tidak betul tapi intinya adalah memang ini boleh. cuma kalau dikatakan ini kesepakatan ulama, bukan. Karena ada sebagian ulama tidak sependapat. Sementara telah dinukilkan perselisihan tentang pengamalan ijazah.
🎙 Asy Sheikh Abu Fairuz Abdurrahman bin Soekojo Al Jawi Al Indonesiy حفظه الله
Sumber Channel Telegram: Mustalah Hadith