Header Ads

Tentang pengkafiran

Ucapan Asy Syaikh Al Karim Abu Abdillah Abdurrahman Bin Abdul Majid Asy Syamiriy At Ta’ziy Al Yamaniy حفظه الله Alasan-alasan Orang-orang Yang Mengkafirkan Presiden Indonesia



يا ابا فيروز -بارك الله فيك-، هذه لا يكفَّر بها. ثم حتى وان قلنا إن كونه فعل هذه الأشياء، هذه الأشياء ليست مكفرة. هذه الأمور ليست مكفرة. حتى وإن أعطى ترخيصاً في هذا الأمر. صحيح أن يعني ذلك حرام، ﴿وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ﴾ [المائدة: 2]. لكن لعله فعل ذلك ليس استحلالاً للخمر، وإنما فعله من باب أنه للدنيا مثلاً، يريد دنيا، فعله عن هواء، أو أرشوه بمال، أو نحو ذلك من الأمور. المهم هذا لا يكفر به. وهذا أيضاً كونه دعا لجنازة كافر هذي معصية ليست كفراً.
ثم لو فرضنا أنها، أن هذي الأعمال كفرية، فلا يحكم على معين بأنه كافر حتى توفرت الشروط وتنتفي الموانع. فإذا توفرت الشروط وانتفت الموانع قلنا: نحكم عليه بذلك. وليس كل واحد يحكم، إنما أهل علم هم الذين يحكمون بذلك. بارك الله فيك ووفقك الله.
(انتهى النقل).
   
Wahai Abu Fairuz –semoga Allah memberimu keberkahan-, itu tadi bukanlah sebab yang cukup untuk seseorang dikafirkan. Kemudian, sekalipun kita mengatakan dia memang melakukan perbuatan-perbuatan tadi, perbuatan-perbuatan tadi tidaklah menyebabkan seseorang itu kafir. perbuatan-perbuatan tadi tidaklah menyebabkan seseorang itu kafir. Sampai walaupun dia memberikan surat idzin untuk melakukan perkara tadi.
   
Memang benar bahwasanya perbuatan tadi adalah haram.

﴿وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ﴾ [المائدة: 2].

“Dan janganlah kalian saling membantu di dalam dosa dan permusuhan.”
   
Akan tetapi boleh jadi dia melakukan yang demikian itu bukan karena meyakini halalnya khamr, namun sekedar melakukannya untuk mencari keduniaan, misalkan. Dia menginginkan harta duniawi, melakukannya karena hawa nafsu, atau mereka menyuapnya dengan harta, atau perkara-perkara yang seperti itu. Yang penting: ini bukanlah sebab untuk seseorang dikafirkan.
   
Demikian pula masalah dia mendoakan kebaikan untuk jenazah orang kafir, itu adalah kemaksiatan dan bukan kekufuran.
   
Kemudian: jika kita tetapkan bahwasanya perkara tadi, bahwasanya amalan-amalan tadi adalah kekufuran, maka tidak boleh dilakukan hukum mu’ayan (vonis pada orang tertentu –pen) bahwasanya dia itu kafir, sehingga syarat-syarat telah terpenuhi, dan penghalang-penghalang telah menghilang. Dan jika syarat-syarat telah terpenuhi, dan penghalang-penghalang telah menghilang, maka kita katakan: kita menghukuminya dengan itu tadi (dia kafir -pen).
   
Namun tidak boleh setiap orang itu memberikan hukum. Hanya para ulama sajalah yang memberikan hukum kekafiran tadi. Semoga Allah memberkahimu dan memberimu taufik.”

21 Rajab 1442 H.
(Penukilan selesai).
-----------------

(Ditulis Oleh : Asy Syaikh Abu Fairuz Abdurrahman bin Soekojo Al Qudsiy Al Indonesiy hafidzahullah)

Sumber Channel Telegram: fawaidMaktabahFairuzAddailamiy
Diberdayakan oleh Blogger.