Header Ads

HUKUM SEORANG KAFIR MASUK MASJID

HUKUM SEORANG KAFIR MASUK MASJID



Assalamu'alaikum. Afwan, setelah ana posting tanya jawab ini , ada ikhwah yang mulia bertanya sbb :
---------

bismillah..assalamu'alikum warohmatullohi wabarokaatuh . lalu akhi bagaimana hukumnya seorang kafir masuk kedalam masjid untuk beristirahat dan tidur didalamnya. tolong tanyakan akhi .. jazakalohu khoiron.
---------------

وعليكم السلام ورحمة الله وبركاته.

Ada firman Allah ta'ala :

إنما المشركون نجس فلا يقربوا المسجد الحرام بعد عامهم هذا.

"Hanyalah kaum musyrikin itu najis, maka janganlah mereka memasuki Masjidil Haram setelah tahun mereka ini".

Namun dijelaskan bahwasanya pendapat yang rajih adalah bahwasanya larangan tadi hanyalah untuk Masjidil Haram.

Makanya untuk Masjid Nabawiy, tidak sampai dilarang. Makanya dalam kisah Tsumamah Al Yamaminy رضي الله عنه muttafaqun alaih, disebutkan bahwasanya para Sahabat menangkap beliau saat beliau masih musyrik lalu mengikat beliau di tiang masjid Nabawiy, lalu beliau melihat bagusnya ibadah dan ta'lim Nabi dan para Sahabat رضي الله عنهم sehingga beliau masuk Islam.

Maka yang rajih adalah boleh jika bertujuan demi melunakkan hati orang kafir tadi.
Periksalah "Tafsir Al Qurthubiy" dan yang lainnya.

Ana juga menanyakan kepada Fadhilatusy Syaikh Abdul Hamid Al Hajuriy حفظه الله  masalah tidurnya orang kafir di dalam sebuah masjid, maka beliau menjawab:

ان دخل لا يمنع تألفا له.

"Jika dia masuk, maka jangan dilarang, demi melunakkan hati dia ke dalam Islam".
(Selesai penukilan).

Tentunya bukan untuk main² dia masuk ke dalam masjid.

Ana juga menanyakan masalah tadi kepada Fadhilatusy Syaikh Husain Bin Mahmud Al Hathibiy حفظه الله maka beliau menjawab :

دخوله للحاجة كالعمل ودعوته إلى الإسلام ممكن اما بدون هذا فلا أعلم دليلا على هذا.

"Masuknya orang tadi ke dalam masjid untuk suatu hajat seperti: bekerja, atau untuk didakwahi agar masuk Islam maka hal itu mungkin. Tapi jika untuk perkara yang selain itu maka Aku tidak mengetahui dalil (yang membolehkan) tentang itu".
(Selesai penukilan).
(Bersambung setelah dars insya Allah).

-----------------------

Lanjutan :

Ana juga menanyakan hal itu kepada Fadhilatusy Syaikh Abdurraqib bin Ali Al Kaukabaniy حفظه الله, maka beliau menjawab :

فإن كان في إدخاله لذلك الغرض مصلحة شرعية راجحة من دعوته للإسلام وتأليفه ولعله يشاهد شعائر المسلمين ولعله يقرأ بعض ما يهدي الله به قلبه من الكتب النافعة المترجمة بلسانه فذلك إن شاء الله لا بأس به مع صيانة المسجد عن مضايقة المصلين في أوقات الصلوات المكتوبة ومنعه من تلويث المسجد أو التدخين أو ماشابه ذلك من المؤذيات. وإن كان هذا الكافر إنما يتخذ المساجد فنادق ينام فيها ويوفر الدراهم التي يصرفها في الفنادق ولا هم له في دين ولا بحث عن الحق والنجاة فلا ينبغي تمكين مثل هذا من المساجد التي إنما بنيت لترفع ويذكر فيها اسم الله يسبح لله فيها بالغدو والآصال رجال لا تلهيهم تجارة ولا بيع عن ذكر الله.

"Jika dimasukkannya orang kafir tadi demi ke dalam masjid adalah untuk kemaslahatan yang disyariatkan yang kuat, yang berupa: dia didakwahi ke dalam Islam, dilunakkannya hati dia untuk memeluk Islam, dan boleh jadi dia akan menyaksikan syiar² kaum Muslimin, dan bisa jadi dia membaca buku² yang bermanfaat yang diterjemahkan ke dalam bahasanya, yang mana dengan itu dia diberi hidayah oleh Allah, maka hal itu tidak mengapa insya Allah, sambil menjaga masjid jangan sampai orang² yang shalat di waktu² shalat wajib tersempitkan. Dan hendaknya dia dilarang dari mengotori masjid atau merokok, atau gangguan² yang semacam itu.
  
Akan tetapi jika si kafir tadi hanyalah menjadikan masjid bagaikan hotel untuk dia menginap dan tidur di dalamnya sehingga lebih hemat biaya baginya daripada menyewa kamar hotel, dan dia sendiri tidak punya perhatian pada agama atau mencari kebenaran dan keselamatan, maka seharusnya dia jangan diidzinkan untuk berbuat macam itu terhadap masjid yang mana masjid² memang dibangun untuk ditinggikan dan nama Allah disebut² di dalamnya di waktu pagi dan petang, untuk orang² yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan jual beli dari mengingat Allah".
(Selesai penukilan).


والله تعالى أعلم بالصواب.
والحمد لله رب العالمين.

-----------------------

(dijawab Oleh : Asy Syaikh Abu Fairuz Abdurrahman Bin Soekojo Al Indonesiy Al Jawiy حفظه الله)
Sumber Channel Telegram: fawaidMaktabahFairuzAddailamiy
Diberdayakan oleh Blogger.