MENGHIBUR DIRI DENGAN MENGINGAT MUSIBAH RASULULLAH ﷺ
MENGHIBUR DIRI DENGAN MENGINGAT MUSIBAH RASULULLAH ﷺ
Untuk pemesanan klik gambar |
Ditulis Oleh :
Asy Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Indonesiy Al Jawiy حفظه الله)
----------------------
1. Apakah Anda kehilangan salah satu orang tua Anda❓
Sesungguhnya Rasulullah ﷺ tumbuh sebagai anak yatim yang kehilangan ayah dan ibu semuanya. Allah ta’ala berfirman pada beliau ﷺ:
﴿أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَآوَى﴾ [الضحى: 6].
“Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu?”
Al Imam Ibnu Katsir رحمه الله berkata: ”Kemudian Allah ta’ala berfirman menghitung nikmat-nikmat-Nya pada hamba-Nya dan Rasul-Nya Muhammad صلوات الله وسلامه عليه : “Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu?” Yang demikian itu karena ayah beliau meninggal dalam keadaan beliau masih di dalam kandungan sang ibu. Ada yang berkata: “Itu setelah beliau عليه السلام dilahirkan.” Lalu ibu beliau –Aminah binti Wahb- meninggal dunia sementara beliau berumur enam tahun. Lalu beliau berada di dalam pemeliharaan kakek beliau, Abdul Muththalib, sampai sang kakek meninggal, sementara beliau dalam usia delapan tahun. Lalu beliau dipelihara oleh paman beliau, Abu Thalib.” (“Tafsirul Qur’anil ‘Azhim”/8/hal. 426).
Sesungguhnya Rasulullah ﷺ tumbuh sebagai anak yatim yang kehilangan ayah dan ibu semuanya. Allah ta’ala berfirman pada beliau ﷺ:
﴿أَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيمًا فَآوَى﴾ [الضحى: 6].
“Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu?”
Al Imam Ibnu Katsir رحمه الله berkata: ”Kemudian Allah ta’ala berfirman menghitung nikmat-nikmat-Nya pada hamba-Nya dan Rasul-Nya Muhammad صلوات الله وسلامه عليه : “Bukankah Dia mendapatimu sebagai seorang yatim, lalu Dia melindungimu?” Yang demikian itu karena ayah beliau meninggal dalam keadaan beliau masih di dalam kandungan sang ibu. Ada yang berkata: “Itu setelah beliau عليه السلام dilahirkan.” Lalu ibu beliau –Aminah binti Wahb- meninggal dunia sementara beliau berumur enam tahun. Lalu beliau berada di dalam pemeliharaan kakek beliau, Abdul Muththalib, sampai sang kakek meninggal, sementara beliau dalam usia delapan tahun. Lalu beliau dipelihara oleh paman beliau, Abu Thalib.” (“Tafsirul Qur’anil ‘Azhim”/8/hal. 426).
2. Apakah Anda kehilangan anak?
Sesungguhnya seluruh anak Rasulullah ﷺ meninggal dunia, sementara beliau masih hidup. Kecuali Fathimah رضي الله عنها yang meninggal dunia beberapa bulan setelah wafatnya beliau.
Telah kita lewati kisah tangis beliau ketika meninggalnya buah hati beliau, Ibrahim.
Bahkan beliau menyaksikan kematian salah satu cucu beliau.
عن أسامة بن زيد قال: كنا عند النبي ﷺ إذ جاءه رسول إحدى بناته يدعوه إلى ابنها في الموت فقال النبي ﷺ: «ارجع إليها فأخبرها أن لله ما أخذ وله ما أعطى وكل شيء عنده بأجل مسمى فمرها فلتصبر ولتحتسب». فأعادت الرسول أنها قد أقسمت لتأتينها، فقام النبي ﷺ وقام معه سعد بن عبادة ومعاذ بن جبل، فدفع الصبي إليه ونفسه تقعقع كأنها في شن، ففاضت عيناه فقال له سعد: يا رسول الله ما هذا؟ قال: «هذه رحمة جعلها الله في قلوب عباده وإنما يرحم الله من عباده الرحماء». (أخرجه البخاري (7377) ومسلم (923)).
Dari Usamah bin Zaid رضي الله عنهما yang berkata: Pada suatu hari ketika kami sedang berada di dekat Nabi ﷺ, tiba-tiba datang seorang suruhan dari puteri Nabi ﷺ (Zainab binti Muhammad), meminta agar Nabi ﷺ datang, dan dia mengabarkan kepada beliau bahwa anaknya (cucu Nabi ﷺ) telah akan meninggal. Rasulullah ﷺ pun berpesan pada utusan itu: "Pulang dan sampaikanlah kepada Zainab, bahwa kepunyaan Allah jualah yang telah diambil, dan kepunyaan-Nya pula yang telah diberikan. Segala sesuatu telah Allah tentukan ajalnya. Karena itu, suruhlah ia bersabar dan menahan diri." Tidak lama kemudian, utusan itu datang kembali dan berkata: "Zainab bersumpah agar Anda sudi menjenguknya." Maka berangkatlah beliau bersama para sahabatnya antara lain, Sa'ad bin Ubadah, Mu'adz bin Jabar dan aku sendiri. Sesampainya di sana, diserahkanlah anak yang itu pada beliau, dalam keadaan nafas anak itu terengah-engah kepayahan. Maka air mata beliaupun menetes. Lalu Sa'ad pun bertanya: "Apa ini wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Ini adalah rahmat (kasih sayang) yang telah dijadikan Allah dalam hati para hamba-Nya. Sesungguhnya Allah hanya merahmati orang-orang yang memiliki kasih sayang di antara para hamba-Nya." (HR. Al Bukhariy (7377) dan Muslim (923)).
Sesungguhnya seluruh anak Rasulullah ﷺ meninggal dunia, sementara beliau masih hidup. Kecuali Fathimah رضي الله عنها yang meninggal dunia beberapa bulan setelah wafatnya beliau.
Telah kita lewati kisah tangis beliau ketika meninggalnya buah hati beliau, Ibrahim.
Bahkan beliau menyaksikan kematian salah satu cucu beliau.
عن أسامة بن زيد قال: كنا عند النبي ﷺ إذ جاءه رسول إحدى بناته يدعوه إلى ابنها في الموت فقال النبي ﷺ: «ارجع إليها فأخبرها أن لله ما أخذ وله ما أعطى وكل شيء عنده بأجل مسمى فمرها فلتصبر ولتحتسب». فأعادت الرسول أنها قد أقسمت لتأتينها، فقام النبي ﷺ وقام معه سعد بن عبادة ومعاذ بن جبل، فدفع الصبي إليه ونفسه تقعقع كأنها في شن، ففاضت عيناه فقال له سعد: يا رسول الله ما هذا؟ قال: «هذه رحمة جعلها الله في قلوب عباده وإنما يرحم الله من عباده الرحماء». (أخرجه البخاري (7377) ومسلم (923)).
Dari Usamah bin Zaid رضي الله عنهما yang berkata: Pada suatu hari ketika kami sedang berada di dekat Nabi ﷺ, tiba-tiba datang seorang suruhan dari puteri Nabi ﷺ (Zainab binti Muhammad), meminta agar Nabi ﷺ datang, dan dia mengabarkan kepada beliau bahwa anaknya (cucu Nabi ﷺ) telah akan meninggal. Rasulullah ﷺ pun berpesan pada utusan itu: "Pulang dan sampaikanlah kepada Zainab, bahwa kepunyaan Allah jualah yang telah diambil, dan kepunyaan-Nya pula yang telah diberikan. Segala sesuatu telah Allah tentukan ajalnya. Karena itu, suruhlah ia bersabar dan menahan diri." Tidak lama kemudian, utusan itu datang kembali dan berkata: "Zainab bersumpah agar Anda sudi menjenguknya." Maka berangkatlah beliau bersama para sahabatnya antara lain, Sa'ad bin Ubadah, Mu'adz bin Jabar dan aku sendiri. Sesampainya di sana, diserahkanlah anak yang itu pada beliau, dalam keadaan nafas anak itu terengah-engah kepayahan. Maka air mata beliaupun menetes. Lalu Sa'ad pun bertanya: "Apa ini wahai Rasulullah?" Beliau menjawab: "Ini adalah rahmat (kasih sayang) yang telah dijadikan Allah dalam hati para hamba-Nya. Sesungguhnya Allah hanya merahmati orang-orang yang memiliki kasih sayang di antara para hamba-Nya." (HR. Al Bukhariy (7377) dan Muslim (923)).
3. Apakah ada tuduhan yang menimpa kehormatan Anda, atau akal Anda, atau Akhlak Anda?
Sesungguhnya Rasulullah ﷺ dituduh sebagai penyihir, pendusta, orang gila, memecah-belah masyarakat, curang dalam membagi-bagi harta, dan sebagainya. Beratnya kesedihan beliau itu diketahui dari firman Allah ta’ala:
﴿وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّكَ يَضِيقُ صَدْرُكَ بِمَا يَقُولُونَ * فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ * وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّى يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ﴾ [الحجر: 97 - 99].
“Dan Kami sungguh mengetahui bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (shalat), dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal).”
Allah ta’ala tidak memerintahkan beliau untuk berhenti beribadah, bahkan Allah menjadikan ibadah itu sebagai obat dan rutinitas beliau sampai Hari Perjumpaan.
Beliau ﷺ juga sangat disakiti dengan tuduhan yang dilancarkan terhadap kehormatan istri beliau Aisyah رضي الله عنها, yang mana Aisyah bercerita dalam hadits yang panjang:
... فقام رسول الله ﷺ من يومه فاستعذر من عبد الله بن أبي ابن سلول، فقال رسول الله ﷺ: «من يعذرني من رجل بلغني أذاه في أهلي فوالله ما علمت على أهلي إلا خيراً. وقد ذكروا رجلاً ما علمت عليه إلا خيراً، وما كان يدخل على أهلي إلا معي». (أخرجه البخاري (2661) ومسلم (2770)).
“... Kemudian Rasulullah ﷺ berdiri dan meminta udzur untuk menghukum Abdullah bin Ubai bin Salul. Tatkala Rasulullah ﷺ berada di atas mimbar, Rasulullah ﷺ bersabda: "Wahai seluruh kaum muslimin, siapakah yang mau memberiku udzur untuk menghukum lelaki yang telah menyakiti keluargaku. Sungguh demi Allah, saya tidak mengetahui sesuatupun dari keluargaku kecuali kebaikan. Mereka telah menyebut seorang lelaki –Shafwan bin Mu’aththal- yang saya tidak mengetahui dari dirinya kecuali kebaikan. Dan tidaklah ada orang yang menemui isteriku kecuali ia bersamaku." (HR. Al Bukhariy (2661) dan Muslim (2770)).
Kemudian Allah ta’ala menetapkan bersihnya Aisyah dari tuduhan tersebut, dari atas tujuh langit. Maka Nabi ﷺ dan kaum Mukminin bergembira.
Sesungguhnya Rasulullah ﷺ dituduh sebagai penyihir, pendusta, orang gila, memecah-belah masyarakat, curang dalam membagi-bagi harta, dan sebagainya. Beratnya kesedihan beliau itu diketahui dari firman Allah ta’ala:
﴿وَلَقَدْ نَعْلَمُ أَنَّكَ يَضِيقُ صَدْرُكَ بِمَا يَقُولُونَ * فَسَبِّحْ بِحَمْدِ رَبِّكَ وَكُنْ مِنَ السَّاجِدِينَ * وَاعْبُدْ رَبَّكَ حَتَّى يَأْتِيَكَ الْيَقِينُ﴾ [الحجر: 97 - 99].
“Dan Kami sungguh mengetahui bahwa dadamu menjadi sempit disebabkan apa yang mereka ucapkan, maka bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu dan jadilah kamu di antara orang-orang yang bersujud (shalat), dan sembahlah Tuhanmu sampai datang kepadamu yang diyakini (ajal).”
Allah ta’ala tidak memerintahkan beliau untuk berhenti beribadah, bahkan Allah menjadikan ibadah itu sebagai obat dan rutinitas beliau sampai Hari Perjumpaan.
Beliau ﷺ juga sangat disakiti dengan tuduhan yang dilancarkan terhadap kehormatan istri beliau Aisyah رضي الله عنها, yang mana Aisyah bercerita dalam hadits yang panjang:
... فقام رسول الله ﷺ من يومه فاستعذر من عبد الله بن أبي ابن سلول، فقال رسول الله ﷺ: «من يعذرني من رجل بلغني أذاه في أهلي فوالله ما علمت على أهلي إلا خيراً. وقد ذكروا رجلاً ما علمت عليه إلا خيراً، وما كان يدخل على أهلي إلا معي». (أخرجه البخاري (2661) ومسلم (2770)).
“... Kemudian Rasulullah ﷺ berdiri dan meminta udzur untuk menghukum Abdullah bin Ubai bin Salul. Tatkala Rasulullah ﷺ berada di atas mimbar, Rasulullah ﷺ bersabda: "Wahai seluruh kaum muslimin, siapakah yang mau memberiku udzur untuk menghukum lelaki yang telah menyakiti keluargaku. Sungguh demi Allah, saya tidak mengetahui sesuatupun dari keluargaku kecuali kebaikan. Mereka telah menyebut seorang lelaki –Shafwan bin Mu’aththal- yang saya tidak mengetahui dari dirinya kecuali kebaikan. Dan tidaklah ada orang yang menemui isteriku kecuali ia bersamaku." (HR. Al Bukhariy (2661) dan Muslim (2770)).
Kemudian Allah ta’ala menetapkan bersihnya Aisyah dari tuduhan tersebut, dari atas tujuh langit. Maka Nabi ﷺ dan kaum Mukminin bergembira.
4. Apakah Anda terlilit hutang?
Sesungguhnya Rasulullah ﷺ meninggal dalam keadaan baju besi beliau menjadi jaminan atas hutang beliau pada seorang Yahudi.
Dari Aisyah رضي الله عنها, yang bercerita:
توفي رسول الله ﷺ ودرعه مرهونة عند يهودي بثلاثين صاعا من شعير. (أخرجه البخاري (2916)).
“Rasulullah ﷺ meninggal dalam keadaan baju besi beliau menjadi jaminan pada seorang Yahudi atas hutang beliau tiga puluh sha’ gandum.” (HR. Al Bukhariy (2916)).
Tidaklah hutang beliau itu untuk bersenang-senang atau demi kenikmatan duniawi semata, namun itu untuk keperluan yang harus dipenuhi, atau untuk jihad di jalan Allah عز وجل. Bahkan Rasulullah ﷺ pernah mengalami perlakuan kasar akibat hutang beliau itu.
عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن رجلا تقاضى رسول الله ﷺ فأغلظ له، فهمّ به أصحابه، فقال: «دعوه فإن لصاحب الحق مقالا واشتروا له بعيرا فأعطوه إياه». وقالوا: لا نجد إلا أفضل من سنه. قال: «اشتروه فأعطوه إياه فإن خيركم أحسنكم قضاء». (أخرجه البخاري (2390) ومسلم (1601)).
dari Abu Hurairah رضي الله عنه yang berkata: "Seorang laki-laki pernah menagih hutang kepada Rasulullah ﷺ dengan cara kasar, sehingga menjadikan para sahabat ingin memukulinya. Maka Nabi ﷺ lalu bersabda: "Biarkanlah dia, karena sesungguhnya orang yang berpiutang itu berhak untuk berbicara." Kemudian beliau bersabda: "Belikanlah dia seekor unta muda, kemudian berikan kepadanya." Kata para sahabat, "Sesungguhnya kami tidak mendapatkan unta yang muda, yang ada adalah unta dewasa dan lebih bagus daripada untanya." Rasulullah ﷺ bersabda: "Belilah, lalu berikanlah kepadanya. Sesungguhnya sebaik-baik kalian adalah yang paling baik dalam melunasi hutang." (HR. Al Bukhariy (2390) dan Muslim (1601)).
Sesungguhnya Rasulullah ﷺ meninggal dalam keadaan baju besi beliau menjadi jaminan atas hutang beliau pada seorang Yahudi.
Dari Aisyah رضي الله عنها, yang bercerita:
توفي رسول الله ﷺ ودرعه مرهونة عند يهودي بثلاثين صاعا من شعير. (أخرجه البخاري (2916)).
“Rasulullah ﷺ meninggal dalam keadaan baju besi beliau menjadi jaminan pada seorang Yahudi atas hutang beliau tiga puluh sha’ gandum.” (HR. Al Bukhariy (2916)).
Tidaklah hutang beliau itu untuk bersenang-senang atau demi kenikmatan duniawi semata, namun itu untuk keperluan yang harus dipenuhi, atau untuk jihad di jalan Allah عز وجل. Bahkan Rasulullah ﷺ pernah mengalami perlakuan kasar akibat hutang beliau itu.
عن أبي هريرة رضي الله عنه: أن رجلا تقاضى رسول الله ﷺ فأغلظ له، فهمّ به أصحابه، فقال: «دعوه فإن لصاحب الحق مقالا واشتروا له بعيرا فأعطوه إياه». وقالوا: لا نجد إلا أفضل من سنه. قال: «اشتروه فأعطوه إياه فإن خيركم أحسنكم قضاء». (أخرجه البخاري (2390) ومسلم (1601)).
dari Abu Hurairah رضي الله عنه yang berkata: "Seorang laki-laki pernah menagih hutang kepada Rasulullah ﷺ dengan cara kasar, sehingga menjadikan para sahabat ingin memukulinya. Maka Nabi ﷺ lalu bersabda: "Biarkanlah dia, karena sesungguhnya orang yang berpiutang itu berhak untuk berbicara." Kemudian beliau bersabda: "Belikanlah dia seekor unta muda, kemudian berikan kepadanya." Kata para sahabat, "Sesungguhnya kami tidak mendapatkan unta yang muda, yang ada adalah unta dewasa dan lebih bagus daripada untanya." Rasulullah ﷺ bersabda: "Belilah, lalu berikanlah kepadanya. Sesungguhnya sebaik-baik kalian adalah yang paling baik dalam melunasi hutang." (HR. Al Bukhariy (2390) dan Muslim (1601)).
5. Apakah Anda mengalami kesempitan kondisi hingga tidak punya makanan harian?
Sesungguhnya, Pernah rumah Rasulullah ﷺ selama beberapa bulan tidak menyalakan api karena tiada yang dimasak.
عن عروة: عن عائشة أنها كانت تقول : والله يا ابن أختي إن كنا لننظر إلى الهلال ثم الهلال ثم الهلال ثلاثة أهلة في شهرين وما أوقد في أبيات رسول الله ﷺ نار. قال: قلت: يا خالة فما كان يعيشكم ؟ قالت: الأسودان التمر والماء إلا أنه قد كان لرسول الله ﷺ جيران من الأنصار، وكانت لهم منائح، فكانوا يرسلون إلى رسول الله ﷺ من ألبانها فيسقيناه. (أخرجه البخاري (2567) ومسلم (2972)).
Dari Urwah: dari Aisyah bahwasanya beliau berkata: “Demi Allah, wahai keponakanku, dulu kami melihat hilal, lalu hilal, lalu hilal (selama) tiga kali hilal, selama dua bulan dalam keadaan di rumah-rumah Rasulullah ﷺ tidak ada yang menyalakan api.” Urwah bertanya: Wahai bibi, apa yang menghidupi kalian? Ia menjawab: “Dua yang hitam; kurma dan air. Hanya saja Rasulullah ﷺ memiliki tetangga-tetangga dari Anshar, mereka memiliki unta-unta perahan. Mereka mengirimkan sebagian susunya untuk Rasulullah ﷺ lalu beliau memberi kami minum dengan susu itu.” (HR. Al Bukhariy (2567) dan Muslim (2972)).
Sesungguhnya, Pernah rumah Rasulullah ﷺ selama beberapa bulan tidak menyalakan api karena tiada yang dimasak.
عن عروة: عن عائشة أنها كانت تقول : والله يا ابن أختي إن كنا لننظر إلى الهلال ثم الهلال ثم الهلال ثلاثة أهلة في شهرين وما أوقد في أبيات رسول الله ﷺ نار. قال: قلت: يا خالة فما كان يعيشكم ؟ قالت: الأسودان التمر والماء إلا أنه قد كان لرسول الله ﷺ جيران من الأنصار، وكانت لهم منائح، فكانوا يرسلون إلى رسول الله ﷺ من ألبانها فيسقيناه. (أخرجه البخاري (2567) ومسلم (2972)).
Dari Urwah: dari Aisyah bahwasanya beliau berkata: “Demi Allah, wahai keponakanku, dulu kami melihat hilal, lalu hilal, lalu hilal (selama) tiga kali hilal, selama dua bulan dalam keadaan di rumah-rumah Rasulullah ﷺ tidak ada yang menyalakan api.” Urwah bertanya: Wahai bibi, apa yang menghidupi kalian? Ia menjawab: “Dua yang hitam; kurma dan air. Hanya saja Rasulullah ﷺ memiliki tetangga-tetangga dari Anshar, mereka memiliki unta-unta perahan. Mereka mengirimkan sebagian susunya untuk Rasulullah ﷺ lalu beliau memberi kami minum dengan susu itu.” (HR. Al Bukhariy (2567) dan Muslim (2972)).
6. Apakah salah satu kerabatmu ditalak?
Sungguh, Kedua putri Rasulullah ﷺ pernah ditalak.
Al Imam Ibnu Katsir رحمه الله berkata: “Adapun Ruqayyah maka dia pertama kalinya dinikahi oleh anak pamannya, yaitu Utbah bin Abi Lahab, sebagaimana saudarinya, yaitu Ummu Kultsum, menikah dengan saudara Utbah, yaitu: Utaibah bin Abi Lahab*. Lalu mereka berdua mentalak kedua putri Nabi tadi sebelum menggauli keduanya, karena mereka membenci Rasulullah ﷺ ketika Allah menurunkan:
﴿تبت يدا أبي لهب وتب * ما أغنى عنه ماله وما كسب * سيصلى نارا ذات لهب * وامرأته حمالة الحطب * في جيدها حبل من مسد﴾.
__“Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah bermanfaat untuknya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. Yang di lehernya ada tali dari sabut.”__
Lalu Utsman bin Affan رضي الله عنه menikahi Ruqayyah, dan dia berhijrah bersama Utsman ke negri Habasyah. Dikatakan bahwasanya beliau adalah orang yang pertama berhijrah kesana. Lalu mereka berdua kembali ke Mekkah sebagaimana yang kami ceritakan dulu. Dan mereka berdua berhijrah ke Madinah, lalu Ruqayyah melahirkan untuk beliau anak bernama Abdullah. Ketika anak itu mencapai usia enam tahun, matanya dipatuk ayam jantan hingga meninggal. Julukan Utsman adalah Abu Abdillah, lalu beliau berjuluk dengan anaknya yang bernama Amr. Kemudian Ruqayyah meninggal dalam keadaan Rasulullah ﷺ meraih kemenangan di Perang Badar, Hari Furqan (Pembedaan antara kebenaran dan kebatilan), hari saat bertemunya kedua pasukan. Manakala Zaid bin Haritsah datang ke Madinah sebagai pembawa kabar gembira kemenangan, beilau mendapati mereka telah memakamkan Ruqayyah. Dan Utsman sebelumnya terus-menerus merawatnya dengan perintah dari Rasulullah ﷺ, dan beliau telah memberikan saham ghanimah dan pahala Perang Badar untuk Utsman. Manakala beliau pulang ke Madinah; beliau menikahkan Utsman dengan saudari Ruqayyah juga, yaitu Ummu Kultsum. Oleh karena itulah maka Utsman dijuluki sebagai “Dzun Nurain” (Pemilik Dua Cahaya).
Kemudian Ummu Kultsum meninggal dunia pada bulan Sya’ban tahun sembilan Hijriyah dan tidak melahirkan untuknya satu anakpun.
Rasulullah ﷺ bersabda:
«لو كانت عندي ثالثة لزوجتها عثمان».
“Seandainya aku punya anak putri ketiga niscaya aku akan menikahkannya dengan Utsman. (¹)”
Dalam riwayat lain Rasulullah ﷺ bersabda:
«لو كن عشرا لزوجتهن عثمان».
“Seandainya aku punya sepuluh anak putri niscaya aku akan menikahkan mereka dengan Utsman.” (²)
(Selesai dari “Al Bidayah Wan Nihayah”/Ibnu Katsir/5/hal. 308-309).
____________
(¹)** Diriwayatkan oleh Ibnu Sa’d dalam “Ath Thabaqatul Kubra” (3/hal. 56), akan tetapi di dalam sanadnya Muhammad bin Umar, dan dia adalah Al Waqidiy, tertuduh berdusta. Dan juga di dalam sanadnya ada rawi yang tidak disebutkan identitasnya.
Diriwayatkan oleh Ibnu Asakir lewat jalur lain, di dalam “Tarikh Dimasyq” (39/hal. 37) dari jalur Habib sekretaris Malik: dari Malik: dari Ibnu Syihab: dari Sa’id ibnil Musayyab: dari Abu Hurairah:
أن عثمان بن عفان لما ماتت امرأته بنت رسول الله ﷺ بكى، فقال رسول الله ﷺ: «ما يبكيك؟». قال: أبكي على انقطاع صهري منك. قال: «فهذا جبريل عليه السلام يأمرني بأمر الله عز وجل أن يزوجك أختها».
“Bahwasanya Utsman bin Affan manakala istri beliau, putri Rasulullah ﷺ, meninggal; beliaupun menangis. Maka Rasulullah ﷺ menanyainya: “Apakah yang membuatmu menangis?” Beliau menjawab: “Saya menangis karena putusnya perbesanan saya dengan Anda.” Maka Rasulullah ﷺ menjawab: “Ini Jibril عليه السلام memerintahkan diriku dengan perintah Allah عز وجل untuk menikahkanmu dengan saudarinya.”
Ibnu Asakir berkata: “Penyebutan Abu Hurairah di dalam sanad ini tidaklah terjaga. Yang terjaga adalah dari Sa’id secara mursal.”
Saya –Abu Fairuz وفقه الله- berkata: sanad yang lain menuju Sa’id ibnil Musayyab diperbincangkan oleh para ulama. Jika adapenguat, maka kabar tadi adalah benar, karena mursal Sa’id ibnil Musayyab adalah sahih hujjah pada asalnya.
Dan asal kisah pernikahan Utsman dengan Ummu Kultsum setelah Ruqayyah adalah benar, dari riwayat yang sangat banyak. Wallahu a’lam.Sungguh, Kedua putri Rasulullah ﷺ pernah ditalak.
Al Imam Ibnu Katsir رحمه الله berkata: “Adapun Ruqayyah maka dia pertama kalinya dinikahi oleh anak pamannya, yaitu Utbah bin Abi Lahab, sebagaimana saudarinya, yaitu Ummu Kultsum, menikah dengan saudara Utbah, yaitu: Utaibah bin Abi Lahab*. Lalu mereka berdua mentalak kedua putri Nabi tadi sebelum menggauli keduanya, karena mereka membenci Rasulullah ﷺ ketika Allah menurunkan:
﴿تبت يدا أبي لهب وتب * ما أغنى عنه ماله وما كسب * سيصلى نارا ذات لهب * وامرأته حمالة الحطب * في جيدها حبل من مسد﴾.
__“Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa. Tidaklah bermanfaat untuknya harta bendanya dan apa yang ia usahakan. Kelak dia akan masuk ke dalam api yang bergejolak. Dan (begitu pula) istrinya, pembawa kayu bakar. Yang di lehernya ada tali dari sabut.”__
Lalu Utsman bin Affan رضي الله عنه menikahi Ruqayyah, dan dia berhijrah bersama Utsman ke negri Habasyah. Dikatakan bahwasanya beliau adalah orang yang pertama berhijrah kesana. Lalu mereka berdua kembali ke Mekkah sebagaimana yang kami ceritakan dulu. Dan mereka berdua berhijrah ke Madinah, lalu Ruqayyah melahirkan untuk beliau anak bernama Abdullah. Ketika anak itu mencapai usia enam tahun, matanya dipatuk ayam jantan hingga meninggal. Julukan Utsman adalah Abu Abdillah, lalu beliau berjuluk dengan anaknya yang bernama Amr. Kemudian Ruqayyah meninggal dalam keadaan Rasulullah ﷺ meraih kemenangan di Perang Badar, Hari Furqan (Pembedaan antara kebenaran dan kebatilan), hari saat bertemunya kedua pasukan. Manakala Zaid bin Haritsah datang ke Madinah sebagai pembawa kabar gembira kemenangan, beilau mendapati mereka telah memakamkan Ruqayyah. Dan Utsman sebelumnya terus-menerus merawatnya dengan perintah dari Rasulullah ﷺ, dan beliau telah memberikan saham ghanimah dan pahala Perang Badar untuk Utsman. Manakala beliau pulang ke Madinah; beliau menikahkan Utsman dengan saudari Ruqayyah juga, yaitu Ummu Kultsum. Oleh karena itulah maka Utsman dijuluki sebagai “Dzun Nurain” (Pemilik Dua Cahaya).
Kemudian Ummu Kultsum meninggal dunia pada bulan Sya’ban tahun sembilan Hijriyah dan tidak melahirkan untuknya satu anakpun.
Rasulullah ﷺ bersabda:
«لو كانت عندي ثالثة لزوجتها عثمان».
“Seandainya aku punya anak putri ketiga niscaya aku akan menikahkannya dengan Utsman. (¹)”
Dalam riwayat lain Rasulullah ﷺ bersabda:
«لو كن عشرا لزوجتهن عثمان».
“Seandainya aku punya sepuluh anak putri niscaya aku akan menikahkan mereka dengan Utsman.” (²)
(Selesai dari “Al Bidayah Wan Nihayah”/Ibnu Katsir/5/hal. 308-309).
____________
(¹)** Diriwayatkan oleh Ibnu Sa’d dalam “Ath Thabaqatul Kubra” (3/hal. 56), akan tetapi di dalam sanadnya Muhammad bin Umar, dan dia adalah Al Waqidiy, tertuduh berdusta. Dan juga di dalam sanadnya ada rawi yang tidak disebutkan identitasnya.
Diriwayatkan oleh Ibnu Asakir lewat jalur lain, di dalam “Tarikh Dimasyq” (39/hal. 37) dari jalur Habib sekretaris Malik: dari Malik: dari Ibnu Syihab: dari Sa’id ibnil Musayyab: dari Abu Hurairah:
أن عثمان بن عفان لما ماتت امرأته بنت رسول الله ﷺ بكى، فقال رسول الله ﷺ: «ما يبكيك؟». قال: أبكي على انقطاع صهري منك. قال: «فهذا جبريل عليه السلام يأمرني بأمر الله عز وجل أن يزوجك أختها».
“Bahwasanya Utsman bin Affan manakala istri beliau, putri Rasulullah ﷺ, meninggal; beliaupun menangis. Maka Rasulullah ﷺ menanyainya: “Apakah yang membuatmu menangis?” Beliau menjawab: “Saya menangis karena putusnya perbesanan saya dengan Anda.” Maka Rasulullah ﷺ menjawab: “Ini Jibril عليه السلام memerintahkan diriku dengan perintah Allah عز وجل untuk menikahkanmu dengan saudarinya.”
Ibnu Asakir berkata: “Penyebutan Abu Hurairah di dalam sanad ini tidaklah terjaga. Yang terjaga adalah dari Sa’id secara mursal.”
Saya –Abu Fairuz وفقه الله- berkata: sanad yang lain menuju Sa’id ibnil Musayyab diperbincangkan oleh para ulama. Jika adapenguat, maka kabar tadi adalah benar, karena mursal Sa’id ibnil Musayyab adalah sahih hujjah pada asalnya.
_______
(²) Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Ashim dalam “Al Ahad Wal Matsani” (2646) dan Ath Thabraniy dalam “Al Kabir” (1063) dari Abu Hurairah رضي الله عنه . Di dalam sanadnya ada Abdurrahman bin Abiz Zinad dan dia itu lemah.
Ibnu Asakir meriwayatkan di dalam “Tarikh Dimasyq” (39/hal. 39-42) dengan jalur yang sangat banyak dan riwayat tersebut memungkinkan untuk dihasankan. Wallahu a’lam.
7. Apakah Anda pergi jauh meninggalkan tanah air dengan suka rela ataupun terpaksa?
Sesungguhnya Rasulullah ﷺ diusir oleh kaum beliau. Allah ta’ala berfirman:
﴿وَكَأَيِّنْ مِنْ قَرْيَةٍ هِيَ أَشَدُّ قُوَّةً مِنْ قَرْيَتِكَ الَّتِي أَخْرَجَتْكَ أَهْلَكْنَاهُمْ فَلَا نَاصِرَ لَهُمْ﴾ [محمد: 13].
“Dan betapa banyaknya negeri yang (penduduknya) lebih kuat dari pada (penduduk) negerimu (Muhammad) yang telah mengusirmu itu. Kami telah membinasakan mereka, maka tidak ada seorang penolongpun bagi mereka.”
Dari Abdullah bin Adi ibnil Hamra Az Zuhriy رضي الله عنه yang berkata:
رأيت رسول الله صلى الله عليه سلم واقفا على الحزورة فقال: «والله إنك لخير أرض الله وأحب أرض الله إلى الله ولولا أني أخرجت منك ما خرجت». (أخرجه الترمذي (3925)/صحيح).
“Aku melihat Rasulullah ﷺ berdiri di Hazwarah(¹) seraya bersabda: “Demi Allah, sungguh engkau adalah bumi Allah yang paling baik dan paling dicintai oleh Allah. Andaikata aku tidak diusir darimu, niscaya aku tidak akan keluar darimu.” (HR. At Tirmidziy/3925/sahih).
____
(¹) ”Berdiri di Hazwarah”, seperti membaca: “Qaswarah”, dia adalah nama suatu tempat di Mekkah, sesuai dengan namanya, dia itu dulunya adalah bukit kecil. (Rujuk “Tuhfatul Ahwadziy”/Muhammad Abdirrahman Al Mubarakfuriy/10/hal. 294).
Sesungguhnya Rasulullah ﷺ diusir oleh kaum beliau. Allah ta’ala berfirman:
﴿وَكَأَيِّنْ مِنْ قَرْيَةٍ هِيَ أَشَدُّ قُوَّةً مِنْ قَرْيَتِكَ الَّتِي أَخْرَجَتْكَ أَهْلَكْنَاهُمْ فَلَا نَاصِرَ لَهُمْ﴾ [محمد: 13].
“Dan betapa banyaknya negeri yang (penduduknya) lebih kuat dari pada (penduduk) negerimu (Muhammad) yang telah mengusirmu itu. Kami telah membinasakan mereka, maka tidak ada seorang penolongpun bagi mereka.”
Dari Abdullah bin Adi ibnil Hamra Az Zuhriy رضي الله عنه yang berkata:
رأيت رسول الله صلى الله عليه سلم واقفا على الحزورة فقال: «والله إنك لخير أرض الله وأحب أرض الله إلى الله ولولا أني أخرجت منك ما خرجت». (أخرجه الترمذي (3925)/صحيح).
“Aku melihat Rasulullah ﷺ berdiri di Hazwarah(¹) seraya bersabda: “Demi Allah, sungguh engkau adalah bumi Allah yang paling baik dan paling dicintai oleh Allah. Andaikata aku tidak diusir darimu, niscaya aku tidak akan keluar darimu.” (HR. At Tirmidziy/3925/sahih).
____
(¹) ”Berdiri di Hazwarah”, seperti membaca: “Qaswarah”, dia adalah nama suatu tempat di Mekkah, sesuai dengan namanya, dia itu dulunya adalah bukit kecil. (Rujuk “Tuhfatul Ahwadziy”/Muhammad Abdirrahman Al Mubarakfuriy/10/hal. 294).
8. Apakah ada orang yang berupaya untuk membunuhmu dengan sengaja ❓
Rasulullah ﷺ sering diusahakan untuk dibunuh oleh kaum Yahudi dan musyrikin. Allah ta’ala berfirman:
﴿وَإِذْ يَمْكُرُ بِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا لِيُثْبِتُوكَ أَوْ يَقْتُلُوكَ أَوْ يُخْرِجُوكَ وَيَمْكُرُونَ وَيَمْكُرُ الله وَالله خَيْرُ الْمَاكِرِينَ﴾ [الأنفال: 30].
“Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) membuat tipu daya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. Mereka membuat tipu daya dan Allah membalas tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik Pembalas tipu daya.”
Seorang perempuan Yahudi telah meracuni Rasulullah ﷺ dan sebagian Sahabat رضي الله عنهم , lalu satu orang dari mereka meninggal. Dan Allah menyelamatkan Rasulullah dalam keadaan pengaruh racun tadi masih tersisa pada diri beliau yang suci sampai beliau meninggal.
Dari Aisyah رضي الله عنها yang berkata:
كان النبي ﷺ يقول في مرضه الذي مات فيه: «يا عائشة ما أزال أجد ألم الطعام الذي أكلت بخيبر. فهذا أوان وجدت انقطاع أبهري من ذلك السم». (أخرجه البخاري (4428)).
“Nabi ﷺ bersabda di dalam sakit beliau yang dengan itu beliau meninggal: “Wahai Aisyah, terus menerus aku mendapatkan sakitnya makanan yang aku makan di Khaibar. Maka ini adalah waktu di mana aku mendapatkan terputusnya abhar (urat di bagian belakang, atau urat melintang di jantung) milikku dikarenakan racun tersebut.” (HR. Al Bukhariy (4428)).
Al Hafizh Ibnu Muflih رحمه الله menyebutkan kisah tadi, lalu beliau berkata: “... Nabi ﷺ hidup selama dua tahun setelah itu, bagaikan kondisi beliau sebelum makan racun tadi. Beliau beraktivitas seperti sedia kala. Maka orang-orang Yahudi dengan perbuatan mereka itu tidaklah mampu untuk membunuh beliau seperti membunuh Nabi-Nabi yang lain. Dan Allah سبحانه memperbagus kreasi-Nya pada beliau sesuai dengan kebiasaan-Nya ta’ala. Lalu Allah menampakkan suatu pengaruh setelah dua tahun sebagai pemuliaan untuk beliau dengan derajat syahadah (mati syahid).” (“Al Adabusy Syar’iyyah”/3/hal. 203).
Rasulullah ﷺ sering diusahakan untuk dibunuh oleh kaum Yahudi dan musyrikin. Allah ta’ala berfirman:
﴿وَإِذْ يَمْكُرُ بِكَ الَّذِينَ كَفَرُوا لِيُثْبِتُوكَ أَوْ يَقْتُلُوكَ أَوْ يُخْرِجُوكَ وَيَمْكُرُونَ وَيَمْكُرُ الله وَالله خَيْرُ الْمَاكِرِينَ﴾ [الأنفال: 30].
“Dan (ingatlah), ketika orang-orang kafir (Quraisy) membuat tipu daya terhadapmu untuk menangkap dan memenjarakanmu atau membunuhmu, atau mengusirmu. Mereka membuat tipu daya dan Allah membalas tipu daya itu. Dan Allah sebaik-baik Pembalas tipu daya.”
Seorang perempuan Yahudi telah meracuni Rasulullah ﷺ dan sebagian Sahabat رضي الله عنهم , lalu satu orang dari mereka meninggal. Dan Allah menyelamatkan Rasulullah dalam keadaan pengaruh racun tadi masih tersisa pada diri beliau yang suci sampai beliau meninggal.
Dari Aisyah رضي الله عنها yang berkata:
كان النبي ﷺ يقول في مرضه الذي مات فيه: «يا عائشة ما أزال أجد ألم الطعام الذي أكلت بخيبر. فهذا أوان وجدت انقطاع أبهري من ذلك السم». (أخرجه البخاري (4428)).
“Nabi ﷺ bersabda di dalam sakit beliau yang dengan itu beliau meninggal: “Wahai Aisyah, terus menerus aku mendapatkan sakitnya makanan yang aku makan di Khaibar. Maka ini adalah waktu di mana aku mendapatkan terputusnya abhar (urat di bagian belakang, atau urat melintang di jantung) milikku dikarenakan racun tersebut.” (HR. Al Bukhariy (4428)).
Al Hafizh Ibnu Muflih رحمه الله menyebutkan kisah tadi, lalu beliau berkata: “... Nabi ﷺ hidup selama dua tahun setelah itu, bagaikan kondisi beliau sebelum makan racun tadi. Beliau beraktivitas seperti sedia kala. Maka orang-orang Yahudi dengan perbuatan mereka itu tidaklah mampu untuk membunuh beliau seperti membunuh Nabi-Nabi yang lain. Dan Allah سبحانه memperbagus kreasi-Nya pada beliau sesuai dengan kebiasaan-Nya ta’ala. Lalu Allah menampakkan suatu pengaruh setelah dua tahun sebagai pemuliaan untuk beliau dengan derajat syahadah (mati syahid).” (“Al Adabusy Syar’iyyah”/3/hal. 203).
9. Apakah seorang tetanggamu mengganggumu?
Sesungguhnya Rasulullah ﷺ diganggu oleh kaum musyrikin, munafikin dan yahudi, tapi beliau bersabar sebagaimana yang Allah ta’ala perintahkan.
Dari Usamah bin Zaid رضي الله عنهما dalam kisah gangguan Abdullah bin Ubaiy:
أن رسول الله ﷺ ركب على حمار على قطيفة فدكية وأردف أسامة بن زيد وراءه يعود سعد بن عبادة في بني الحارث بن الخزرج قبل وقعة بدر. قال: حتى مرّ بمجلس فيه عبد الله بن أبي ابن سلول، وذلك قبل أن يسلم عبد الله بن أبي، فإذا في المجلس أخلاط من المسلمين والمشركين عبدة الأوثان واليهود والمسلمين، وفي المجلس عبد الله بن رواحة. فلما غشيت المجلس عجاجة الدابة خمر عبد الله بن أبي أنفه بردائه ثم قال: لا تغبروا علينا. فسلم رسول الله ﷺ عليهم ثم وقف فنزل فدعاهم إلى الله وقرأ عليهم القرآن. فقال عبد الله بن أبي ابن سلول: أيها المرء إنه لا أحسن مما تقول، إن كان حقاً فلا تؤذنا به في مجلسنا. ارجع إلى رحلك، فمن جاءك فاقصص عليه. فقال عبد الله بن رواحة: بلى يا رسول الله فاغشنا به في مجالسنا فإنا نحب ذلك. فاستب المسلمون والمشركون واليهود حتى كادوا يتثاورون. فلم يزل النبي ﷺ يخفضهم حتى سكنوا، ثم ركب النبي ﷺ دابته، فسار حتى دخل على سعد بن عبادة فقال له النبي ﷺ: «يا سعد ألم تسمع ما قال أبو حباب؟». يريد عبدَ الله بن أبي. «قال كذا وكذا». قال سعد بن عبادة: يا رسول الله، اعف عنه واصفح عنه فوالذي أنزل عليك الكتاب لقد جاء الله بالحق الذي أنزل عليك، لقد اصطلح أهل هذه البحيرة على أن يتوجوه فيعصبوه بالعصابة، فلما أبى الله ذلك بالحق الذي أعطاك الله شرق بذلك، فذلك فعل به ما رأيت. فعفا عنه رسول الله ﷺ. وكان النبي ﷺ وأصحابه يعفون عن المشركين وأهل الكتاب كما أمرهم الله ويصبرون على الأذى. قال الله عز وجل: ﴿ولتسمعن من الذين أوتوا الكتاب من قبلكم ومن الذين أشركوا أذى كثيرا﴾ الآية وقال الله: ﴿ود كثير من أهل الكتاب لو يردونكم من بعد إيمانكم كفارا حسدا من عند أنفسهم﴾ إلى آخر الآية. وكان النبي ﷺ يتأول العفو ما أمره الله به حتى أذن الله فيهم. فلما غزا رسول الله ﷺ بدرا فقتل الله به صناديد كفار قريش، قال ابن أبي ابن سلول ومن معه من المشركين وعبدة الأوثان: هذا أمر قد توجه، فبايعوا الرسول ﷺ على الإسلام فأسلموا. (أخرجه البخاري (4566)).
bahwa Rasulullah ﷺ pernah mengendarai seekor keledai, dilengkapi dengan penutup kaki yang dibuat di Fadak dan aku berada di belakangnya. Nabi ﷺ pergi untuk berkunjung kepada Sa'ad bin 'Ubadah di Bani Al Harits bin Al Khazraj; kejadian ini berlangsung sebelum perang Badar. Nabi ﷺ melewati sekelompok orang, yang di dalamnya ada 'Abdullah bin 'Ubay bin Salul. Dan itu terjadi sebelum 'Abdullah bin 'Ubay masuk Islam. Di dalam kerumunan itu berkumpul orang-orang dari berbagai agama yaitu: orang-orang Muslim, kafir, para penyembah berhala, dan Yahudi. Di sana juga terlihat 'Abdullah bin Rawahah. Ketika debu yang ditimbulkan dari keledai beliau mengenai kerumunan itu, 'Abdullah bin 'Ubay menutup hidungnya dengan bajunya dan berkata; "Jangan kepulkan debu pada kami." Kemudian Rasulullah ﷺ mengucapkan salam kepada mereka, lalu turun dan mengajak mereka kepada Allah (memeluk agama Islam) dan membacakan kepada mereka Al Qur'an mulia. Mendengar hal itu 'Abdullah bin 'Ubay berkata: “Wahai Orang, tak ada yang lebih baik daripada yang engkau ucapkan, jika itu benar, jangan kau ganggu pertemuan kami dengan itu. Pulanglah. Bacakan saja kepada orang-orang yang datang kepadamu.” Mendengar itu 'Abdullah bin Rawahah berkata: “Bahkan wahai Rasulullah, liputilah kami dengan itu dalam pertemuan kami, karena kami menyukainya.” Maka orang-orang Muslim, kafir, dan Yahudi saling mencaci maki satu sama lain hingga mereka mau berkelahi. Nabi ﷺ terus-menerus menenangkan mereka hingga mereka semua kembali tenang. Kemudian Nabi ﷺ menaiki kembali keledainya dan melanjutkan perjalanan hingga sampailah di kediaman Sa'ad bin 'Ubadah. Nabi ﷺ berkata kepada Sa'ad: “Wahai Sa’d, tidakkah engkau mendengar apa yang disampaikan Abu Hubab?” beliau maksudkan adalah 'Abdullah bin 'Ubay. “Dia berkata ini dan itu.” Mendengar itu Sa'ad bin 'Ubadah berkata: “Ya Rasulullah! Ampuni dan beri maaf dia, karena demi Allah yang menurunkan Al Kitab kepada Anda, sungguh Allah telah mendatangkan Kebenaran dengan apa (Al Qur'an) yang diturunkan pada Anda, sementara penduduk kota ini (Madinah) telah bersepakat untuk menyematkan mahkota ke atas kepala dia (untuk memimpin mereka). Tetapi ketika Allah menentang (keputusan) itu melalui Kebenaran (Al Qur'an) yang Dia turunkan kepada Anda, maka 'Abdullah bin 'Ubay dengki terhadap Anda, seperti kelakuannya yang engkau lihat terhadap Anda.” Maka Rasulullah ﷺ memaafkannya, karena Rasulullah ﷺ dan para sahabatnya memaafkan orang-orang kafir dan para Ahli Kitab sebagaimana yang diperintahkan Allah, dan mereka bersabar terhadap gangguan.
Allah ta’ala berfirman: “Kalian sungguh-sungguh akan diuji terhadap harta dan diri kalian, dan kalian (juga) benar-benar akan mendengar dari orang-orang yang diberi kitab sebelum kalian dan dari orang-orang yang mempersekutukan Allah, gangguan yang banyak. Jika kalian bersabar dan bertakwa, maka sesungguhnya yang demikian itu termasuk urusan yang patut diutamakan.”Sesungguhnya Rasulullah ﷺ diganggu oleh kaum musyrikin, munafikin dan yahudi, tapi beliau bersabar sebagaimana yang Allah ta’ala perintahkan.
Dari Usamah bin Zaid رضي الله عنهما dalam kisah gangguan Abdullah bin Ubaiy:
أن رسول الله ﷺ ركب على حمار على قطيفة فدكية وأردف أسامة بن زيد وراءه يعود سعد بن عبادة في بني الحارث بن الخزرج قبل وقعة بدر. قال: حتى مرّ بمجلس فيه عبد الله بن أبي ابن سلول، وذلك قبل أن يسلم عبد الله بن أبي، فإذا في المجلس أخلاط من المسلمين والمشركين عبدة الأوثان واليهود والمسلمين، وفي المجلس عبد الله بن رواحة. فلما غشيت المجلس عجاجة الدابة خمر عبد الله بن أبي أنفه بردائه ثم قال: لا تغبروا علينا. فسلم رسول الله ﷺ عليهم ثم وقف فنزل فدعاهم إلى الله وقرأ عليهم القرآن. فقال عبد الله بن أبي ابن سلول: أيها المرء إنه لا أحسن مما تقول، إن كان حقاً فلا تؤذنا به في مجلسنا. ارجع إلى رحلك، فمن جاءك فاقصص عليه. فقال عبد الله بن رواحة: بلى يا رسول الله فاغشنا به في مجالسنا فإنا نحب ذلك. فاستب المسلمون والمشركون واليهود حتى كادوا يتثاورون. فلم يزل النبي ﷺ يخفضهم حتى سكنوا، ثم ركب النبي ﷺ دابته، فسار حتى دخل على سعد بن عبادة فقال له النبي ﷺ: «يا سعد ألم تسمع ما قال أبو حباب؟». يريد عبدَ الله بن أبي. «قال كذا وكذا». قال سعد بن عبادة: يا رسول الله، اعف عنه واصفح عنه فوالذي أنزل عليك الكتاب لقد جاء الله بالحق الذي أنزل عليك، لقد اصطلح أهل هذه البحيرة على أن يتوجوه فيعصبوه بالعصابة، فلما أبى الله ذلك بالحق الذي أعطاك الله شرق بذلك، فذلك فعل به ما رأيت. فعفا عنه رسول الله ﷺ. وكان النبي ﷺ وأصحابه يعفون عن المشركين وأهل الكتاب كما أمرهم الله ويصبرون على الأذى. قال الله عز وجل: ﴿ولتسمعن من الذين أوتوا الكتاب من قبلكم ومن الذين أشركوا أذى كثيرا﴾ الآية وقال الله: ﴿ود كثير من أهل الكتاب لو يردونكم من بعد إيمانكم كفارا حسدا من عند أنفسهم﴾ إلى آخر الآية. وكان النبي ﷺ يتأول العفو ما أمره الله به حتى أذن الله فيهم. فلما غزا رسول الله ﷺ بدرا فقتل الله به صناديد كفار قريش، قال ابن أبي ابن سلول ومن معه من المشركين وعبدة الأوثان: هذا أمر قد توجه، فبايعوا الرسول ﷺ على الإسلام فأسلموا. (أخرجه البخاري (4566)).
bahwa Rasulullah ﷺ pernah mengendarai seekor keledai, dilengkapi dengan penutup kaki yang dibuat di Fadak dan aku berada di belakangnya. Nabi ﷺ pergi untuk berkunjung kepada Sa'ad bin 'Ubadah di Bani Al Harits bin Al Khazraj; kejadian ini berlangsung sebelum perang Badar. Nabi ﷺ melewati sekelompok orang, yang di dalamnya ada 'Abdullah bin 'Ubay bin Salul. Dan itu terjadi sebelum 'Abdullah bin 'Ubay masuk Islam. Di dalam kerumunan itu berkumpul orang-orang dari berbagai agama yaitu: orang-orang Muslim, kafir, para penyembah berhala, dan Yahudi. Di sana juga terlihat 'Abdullah bin Rawahah. Ketika debu yang ditimbulkan dari keledai beliau mengenai kerumunan itu, 'Abdullah bin 'Ubay menutup hidungnya dengan bajunya dan berkata; "Jangan kepulkan debu pada kami." Kemudian Rasulullah ﷺ mengucapkan salam kepada mereka, lalu turun dan mengajak mereka kepada Allah (memeluk agama Islam) dan membacakan kepada mereka Al Qur'an mulia. Mendengar hal itu 'Abdullah bin 'Ubay berkata: “Wahai Orang, tak ada yang lebih baik daripada yang engkau ucapkan, jika itu benar, jangan kau ganggu pertemuan kami dengan itu. Pulanglah. Bacakan saja kepada orang-orang yang datang kepadamu.” Mendengar itu 'Abdullah bin Rawahah berkata: “Bahkan wahai Rasulullah, liputilah kami dengan itu dalam pertemuan kami, karena kami menyukainya.” Maka orang-orang Muslim, kafir, dan Yahudi saling mencaci maki satu sama lain hingga mereka mau berkelahi. Nabi ﷺ terus-menerus menenangkan mereka hingga mereka semua kembali tenang. Kemudian Nabi ﷺ menaiki kembali keledainya dan melanjutkan perjalanan hingga sampailah di kediaman Sa'ad bin 'Ubadah. Nabi ﷺ berkata kepada Sa'ad: “Wahai Sa’d, tidakkah engkau mendengar apa yang disampaikan Abu Hubab?” beliau maksudkan adalah 'Abdullah bin 'Ubay. “Dia berkata ini dan itu.” Mendengar itu Sa'ad bin 'Ubadah berkata: “Ya Rasulullah! Ampuni dan beri maaf dia, karena demi Allah yang menurunkan Al Kitab kepada Anda, sungguh Allah telah mendatangkan Kebenaran dengan apa (Al Qur'an) yang diturunkan pada Anda, sementara penduduk kota ini (Madinah) telah bersepakat untuk menyematkan mahkota ke atas kepala dia (untuk memimpin mereka). Tetapi ketika Allah menentang (keputusan) itu melalui Kebenaran (Al Qur'an) yang Dia turunkan kepada Anda, maka 'Abdullah bin 'Ubay dengki terhadap Anda, seperti kelakuannya yang engkau lihat terhadap Anda.” Maka Rasulullah ﷺ memaafkannya, karena Rasulullah ﷺ dan para sahabatnya memaafkan orang-orang kafir dan para Ahli Kitab sebagaimana yang diperintahkan Allah, dan mereka bersabar terhadap gangguan.
Dan Allah ta’ala berfirman:
“Sebagian besar Ahli Kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kalian kepada kekafiran setelah kalian beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka maafkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”
Dan Nabi ﷺ terus-menerus menjalankan pemberian ampunan kepada mereka selama Allah memerintahkannya demikian hingga Allah memberikan izin untuk memerangi mereka. Maka ketika Rasulullah ﷺ bertempur dalam Perang Badar dan Allah membinasakan orang-orang terkemuka Quraisy, Ibnu Ubay bin Salul dan orang-orang kafir serta para penyembah berhala yang berkelompok dengannya berkata: “Islam telah berjaya.” Lalu mereka memberikan baiat mereka (untuk memeluk agama Islam) kepada Rasulullah ﷺ dan menjadi Muslim.” (HR. Al Bukhariy (4566)).
10. Apakah orang yang engkau cintai mendurhakaimu dan justru mendengarkan ucapan musuh-musuhmu?
Sesungguhnya Rasulullah ﷺ didurhakai paman beliau sendiri, Abu Thalib. Dia justru menaati Abu Jahl.
عن المسيب بن حزن رضي الله عنه قال: لما حضرت أبا طالب الوفاة جاءه رسول الله ﷺ فوجد عنده أبا جهل وعبدالله بن أبي أمية بن المغيرة فقال رسول الله ﷺ: «يا عم، قل: لا إله إلا الله كلمة أشهد لك بها عند الله». فقال أبو جهل وعبدالله بن أبي أمية: يا أبا طالب أترغب عن ملة عبدالمطلب ؟ فلم يزل رسول الله ﷺ يعرضها عليه ويعيد له تلك المقالة حتى قال أبو طالب آخر ما كلمهم هو على ملة عبدالمطلب، وأبى أن يقول: لا إله إلا الله. فقال رسول الله ﷺ: «أما والله لأستغفرن لك ما لم أنه عنك». فأنزل الله عز و جل: ﴿ما كان للنبي والذين آمنوا أن يستغفروا للمشركين ولو كانوا أولى قربى من بعد ما تبين لهم أنهم أصحاب الجحيم﴾ [التوبة / الآية 113 ] وأنزل الله تعالى في أبي طالب: ﴿إنك لا تهدي من أحببت ولكن الله يهدي من يشاء وهو أعلم بالمهتدين﴾ [القصص / آية 56 ] .
Sa'id bin Al Musayyab dari bapaknya bahwasanya dia mengabarkan kepadanya: "Ketika menjelang wafatnya Abu Thalib, Rasulullah ﷺ mendatanginya dan ternyata sudah ada Abu Jahal bin Hisyam dan 'Abdullah bin Abu Umayyah bin Al Mughirah. Maka Rasulullah ﷺ berkata kepada Abu Thalib: "Wahai pamanku katakanlah laa ilaaha illallah, suatu kalimat yang dengannya aku akan menjadi saksi atasmu di sisi Allah". Maka Abu Jahal dan 'Abdullah bin Abu Umayyah berkata: "Wahai Abu Thalib, apakah kamu akan membenci agama 'Abdul Muthalib?". Rasulullah ﷺ terus-menerus mengulang kalimat syahadat kepada Abu Thalib, dan kedua orang itu mengulang pula pertanyaannya padanya, maka Abu Thalib pada akhir ucapannya tetap mengikuti agama 'Abdul Muthalib dan enggan untuk mengucapkan laa ilaaha illallah. Maka berkatalah Rasulullah ﷺ: "Adapun aku akan tetap memintakan ampun buatmu selama aku tidak dilarang". Maka turunlah firman Allah سبحانه وتعالى tentang peristiwa ini: " Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat(nya), sesudah jelas bagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka jahanam." (QS. At-Taubah: 113).
Dan Allah menurunkan firman tentang Abu Thalib: “Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu cintai, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.” [QS. Al Qashshash: 56].
(HR. Al Bukhariy (1360) dan Muslim (24)).
Sesungguhnya Rasulullah ﷺ didurhakai paman beliau sendiri, Abu Thalib. Dia justru menaati Abu Jahl.
عن المسيب بن حزن رضي الله عنه قال: لما حضرت أبا طالب الوفاة جاءه رسول الله ﷺ فوجد عنده أبا جهل وعبدالله بن أبي أمية بن المغيرة فقال رسول الله ﷺ: «يا عم، قل: لا إله إلا الله كلمة أشهد لك بها عند الله». فقال أبو جهل وعبدالله بن أبي أمية: يا أبا طالب أترغب عن ملة عبدالمطلب ؟ فلم يزل رسول الله ﷺ يعرضها عليه ويعيد له تلك المقالة حتى قال أبو طالب آخر ما كلمهم هو على ملة عبدالمطلب، وأبى أن يقول: لا إله إلا الله. فقال رسول الله ﷺ: «أما والله لأستغفرن لك ما لم أنه عنك». فأنزل الله عز و جل: ﴿ما كان للنبي والذين آمنوا أن يستغفروا للمشركين ولو كانوا أولى قربى من بعد ما تبين لهم أنهم أصحاب الجحيم﴾ [التوبة / الآية 113 ] وأنزل الله تعالى في أبي طالب: ﴿إنك لا تهدي من أحببت ولكن الله يهدي من يشاء وهو أعلم بالمهتدين﴾ [القصص / آية 56 ] .
Sa'id bin Al Musayyab dari bapaknya bahwasanya dia mengabarkan kepadanya: "Ketika menjelang wafatnya Abu Thalib, Rasulullah ﷺ mendatanginya dan ternyata sudah ada Abu Jahal bin Hisyam dan 'Abdullah bin Abu Umayyah bin Al Mughirah. Maka Rasulullah ﷺ berkata kepada Abu Thalib: "Wahai pamanku katakanlah laa ilaaha illallah, suatu kalimat yang dengannya aku akan menjadi saksi atasmu di sisi Allah". Maka Abu Jahal dan 'Abdullah bin Abu Umayyah berkata: "Wahai Abu Thalib, apakah kamu akan membenci agama 'Abdul Muthalib?". Rasulullah ﷺ terus-menerus mengulang kalimat syahadat kepada Abu Thalib, dan kedua orang itu mengulang pula pertanyaannya padanya, maka Abu Thalib pada akhir ucapannya tetap mengikuti agama 'Abdul Muthalib dan enggan untuk mengucapkan laa ilaaha illallah. Maka berkatalah Rasulullah ﷺ: "Adapun aku akan tetap memintakan ampun buatmu selama aku tidak dilarang". Maka turunlah firman Allah سبحانه وتعالى tentang peristiwa ini: " Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat(nya), sesudah jelas bagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu adalah penghuni neraka jahanam." (QS. At-Taubah: 113).
Dan Allah menurunkan firman tentang Abu Thalib: “Sesungguhnya kamu tidak akan dapat memberi petunjuk kepada orang yang kamu cintai, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk.” [QS. Al Qashshash: 56].
(HR. Al Bukhariy (1360) dan Muslim (24)).
11. Apakah Anda dihinakan oleh seseorang?
( maka bersabarlah )
Rasulullah ﷺ dicaci maki oleh kaum beliau, dan mereka juga meletakkan isi badan onta ke atas badan beliau.
عن عبد الله بن مسعود : أن النبي ﷺ كان يصلي عند البيت وأبو جهل وأصحاب له جلوس، إذ قال بعضهم لبعض: أيكم يجيء بسلى جزور بني فلان، فيضعه على ظهر محمد إذا سجد؟ فانبعث أشقى القوم –عقبة بن أبي معيط-، فجاء به فنظر حتى سجد النبي ﷺ وضعه على ظهره بين كتفيه وأنا أنظر لا أغني شيئاً. لو كان لي منعة. قال: فجعلوا يضحكون ويحيل بعضهم على بعض ورسول الله ﷺ ساجد لا يرفع رأسه حتى جاءته فاطمة فطرحت عن ظهره فرفع رأسه ثم قال: «اللهم عليك بقريش» ثلاث مرات، فشقّ عليهم إذ دعا عليهم. قال: وكانوا يرون أن الدعوة في ذلك البلد مستجابة. ثم سمى: «اللهم عليك بأبي جهل وعليك بعتبة بن ربيعة وشيبة بن ربيعة والوليد بن عتبة وأمية بن خلف وعقبة بن أبي معيط» وعدّ السابع فلم يحفظ. قال: فوالذي نفسي بيده لقد رأيت الذين عدّ رسول الله ﷺ صرعى في القليب قليب بدر.
dari Abdullah –Ibnu Mas’ud- dia berkata, "Pada suatu ketika Rasulullah ﷺ sedang sujud, sementara di sekitar beliau ada Abu Jahl dan beberapa temannya duduk-duduk, sebagian dari mereka berkata pada yang lainnya: “Siapakah dari kalian yang mampu mendatangkan isi perut onta sembelihan Bani Fulan, lalu meletakkannya ke atas tulang belakang Muhammad jika dia sujud?” Maka bangkitlah orang yang paling celaka dari kaum itu, 'Uqbah bin Abi Mu'aith, lalu dia mendatangkannya dan menunggu sampai Nabi bersujud. Saat beliau bersujud, dia meletakkannya di atas tulang belakang Rasulullah ﷺ, di antara kedua pundak beliau. Aku melihat itu, tapi aku tidak berdaya sedikitpun. Andaikata aku punya perlindungan. Mulailah mereka menertawakan beliau hingga badan-badan mereka miring ke teman mereka. Beliau tetap sujud dan tidak mengangkat kepalanya. Setelah Fatimah datang, maka dia mengambil isi perut onta tersebut dari belakang beliau. Lantas beliau mengangkat kepala beliau seraya berdo'a tiga kali: "Ya Allah, hukumlah orang-orang Quraisy”. Maka mereka merasa susah manakala beliau mendoakan kecelakaan untuk mereka. Mereka memandang bahwasanya doa di negri itu terkabulkan. Lalu beliau menyebutkan nama: “Wahai Allah, hukumlah Abu Jahal bin Hisyam, 'Utbah bin Rabi'ah, 'Uqbah bin Abu Mu'aith, Syaibah bin Rabi'ah, Umayyah bin Khalaf dan Ubay bin Khalaf." Beliau menyebutkan orang ketujuh, tapi aku tidak hapal. Sungguh aku telah melihat dalam perang Badar, mereka semua bergelimpangan binasa, lalu jasad mereka dilemparkan ke dalam sebuah sumur, selain Umayah atau mungkin Ubay, karena persendiannya banyak yang putus, maka ia tidak dilemparkan ke dalam sumur." (HR. Al Bukhariy (240) dan Muslim (1794)).
( maka bersabarlah )
Rasulullah ﷺ dicaci maki oleh kaum beliau, dan mereka juga meletakkan isi badan onta ke atas badan beliau.
عن عبد الله بن مسعود : أن النبي ﷺ كان يصلي عند البيت وأبو جهل وأصحاب له جلوس، إذ قال بعضهم لبعض: أيكم يجيء بسلى جزور بني فلان، فيضعه على ظهر محمد إذا سجد؟ فانبعث أشقى القوم –عقبة بن أبي معيط-، فجاء به فنظر حتى سجد النبي ﷺ وضعه على ظهره بين كتفيه وأنا أنظر لا أغني شيئاً. لو كان لي منعة. قال: فجعلوا يضحكون ويحيل بعضهم على بعض ورسول الله ﷺ ساجد لا يرفع رأسه حتى جاءته فاطمة فطرحت عن ظهره فرفع رأسه ثم قال: «اللهم عليك بقريش» ثلاث مرات، فشقّ عليهم إذ دعا عليهم. قال: وكانوا يرون أن الدعوة في ذلك البلد مستجابة. ثم سمى: «اللهم عليك بأبي جهل وعليك بعتبة بن ربيعة وشيبة بن ربيعة والوليد بن عتبة وأمية بن خلف وعقبة بن أبي معيط» وعدّ السابع فلم يحفظ. قال: فوالذي نفسي بيده لقد رأيت الذين عدّ رسول الله ﷺ صرعى في القليب قليب بدر.
dari Abdullah –Ibnu Mas’ud- dia berkata, "Pada suatu ketika Rasulullah ﷺ sedang sujud, sementara di sekitar beliau ada Abu Jahl dan beberapa temannya duduk-duduk, sebagian dari mereka berkata pada yang lainnya: “Siapakah dari kalian yang mampu mendatangkan isi perut onta sembelihan Bani Fulan, lalu meletakkannya ke atas tulang belakang Muhammad jika dia sujud?” Maka bangkitlah orang yang paling celaka dari kaum itu, 'Uqbah bin Abi Mu'aith, lalu dia mendatangkannya dan menunggu sampai Nabi bersujud. Saat beliau bersujud, dia meletakkannya di atas tulang belakang Rasulullah ﷺ, di antara kedua pundak beliau. Aku melihat itu, tapi aku tidak berdaya sedikitpun. Andaikata aku punya perlindungan. Mulailah mereka menertawakan beliau hingga badan-badan mereka miring ke teman mereka. Beliau tetap sujud dan tidak mengangkat kepalanya. Setelah Fatimah datang, maka dia mengambil isi perut onta tersebut dari belakang beliau. Lantas beliau mengangkat kepala beliau seraya berdo'a tiga kali: "Ya Allah, hukumlah orang-orang Quraisy”. Maka mereka merasa susah manakala beliau mendoakan kecelakaan untuk mereka. Mereka memandang bahwasanya doa di negri itu terkabulkan. Lalu beliau menyebutkan nama: “Wahai Allah, hukumlah Abu Jahal bin Hisyam, 'Utbah bin Rabi'ah, 'Uqbah bin Abu Mu'aith, Syaibah bin Rabi'ah, Umayyah bin Khalaf dan Ubay bin Khalaf." Beliau menyebutkan orang ketujuh, tapi aku tidak hapal. Sungguh aku telah melihat dalam perang Badar, mereka semua bergelimpangan binasa, lalu jasad mereka dilemparkan ke dalam sebuah sumur, selain Umayah atau mungkin Ubay, karena persendiannya banyak yang putus, maka ia tidak dilemparkan ke dalam sumur." (HR. Al Bukhariy (240) dan Muslim (1794)).
12. Apakah engkau mengalami penyempitan rezeki dan pengepungan?
( Bersabarlah )
Sesungguhnya Rasulullah ﷺ dikepung oleh kaum beliau di suatu lembah selama tiga tahun.
Dari Az Zuhriy رحمه الله yang berkata:
ثم إن المشركين اشتدوا على المسلمين كأشد ما كانوا حتى بلغ المسلمين الجهد، واشتد عليهم البلاء، وجمعت قريش في مكرها أن يقتلوا رسول الله ﷺ علانية. فلما رأى أبو طالب عمل القوم جمع بني عبد المطلب وأمرهم أن يدخلوا رسول الله ﷺ شعبهم، وأمرهم أن يمنعوه ممن أرادوا قتله. فاجتمع على ذلك مسلمهم وكافرهم فمنهم من فعله حمية، ومنهم من فعله إيماناً ويقيناً. فلما عرفت قريش أن القوم قد منعوا رسول الله ﷺ وأجمعوا على ذلك اجتمع المشركون من قريش، فاجمعوا أمرهم أن لا يجالسوهم ولا يبايعوهم ولا يدخلوا بيوتهم حتى يسلموا رسول الله ﷺ للقتل. وكتبوا في مكرهم صحيفة وعهودا ومواثيق لا يقبلوا من بني هاشم صلحاً أبداً، ولا يأخذهم بهم رأفة حتى يسلموه للقتل. فلبث بنو هاشم في شعبهم ثلاث سنين، واشتد عليهم البلاء والجهد، وقطعوا عنهم الأسواق، فلا يتركوا لهم طعاماً يقدم مكة ولا بيعا إلا بادروهم إليه، فاشتروه يريدون بذلك أن يدركوا سفك دم رسول الله ﷺ.
“Kemudian kaum musyrikin memperkeras tekanan mereka terhadap kaum Muslimin hingga kaum Muslimin mengalami kesulitan, bencana yang mereka rasakan semakin berat. Kaum Quraisy mengumpulkan makar mereka untuk membunuh Rasulullah ﷺ secara terang-terangan. Manakala Abu Thalib melihat perbuatan mereka, diapun mengumpulkan Bani Abdil Muththalib dan memerintahkan mereka untuk memasukkan Rasulullah ﷺ ke dalam lembah mereka, dan memerintahkan mereka untuk melindungi beliau dari orang-orang yang ingin membunuh beliau. Maka berkumpullah mereka semua –yang Muslim dan yang kafir- untuk melindungi beliau. Ada di antara mereka yang melakukan itu karena fanatisme, danada yang melakukannya karena iman dan keyakinan. Manakala kaum Quraisy tahu bahwasanya kaum tadi melindungi Rasulullah ﷺ dan bersepakat untuk itu; berkumpullah orang-orang musyrik dari kalangan Quraisy, lalu mereka bersepakat untuk memerintahkan masyarakat agar tidak duduk-duduk dengan kaum yang melindungi beliau, tidak berjual-beli dengan mereka, tidak masuk ke rumah-rumah mereka sampai mereka mau menyerahkan Rasulullah ﷺ untuk dibunuh. Dan mereka menulis untuk makar mereka tadi sebuah lembaran yang berisi sumpah yang sangat kuat untuk tidak menerima perdamaian dari Bani Hasyim sama sekali, dan tidak berbelas kasihan pada mereka sampai mereka menyerahkan beliau untuk dibunuh. Maka tinggallah Bani Hasyim di lembah mereka selama tiga tahun; mengalami bencana yang berat, kelaparan yang amat sangat, diboikot di pasar-pasar. Orang-orang musyrik tidak meninggalkan untuk mereka makanan dan barang perniagaan yang datang ke Mekkah kecuali telah mereka beli duluan, mereka membelinya dengan hasrat keberhasilan untuk menumpahkan darah Rasulullah ﷺ.” (Selesai penukilan dari “Al Bidayah Wan Nihayah”/Ibnu Katsir/3/hal. 84).
Riwayat Az Zuhriy رحمه الله bersifat mursal (tidak menyebutkan siapakah perantara antara beliau dan Nabi ﷺ), akan tetapi sanad-sanad pendukungnya banyak, dan kisah tadi adalah benar dan diterima oleh para imam.
------------
("Koreksi Langkah Di Saat Musibah" | Asy Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Jawiy حفظه الله )
Sumber Channel Telegram: fawaidMaktabahFairuzAddailamiy