Kajian Kitab Riyadhus Shalihin (Kitab Etika Makan; BAB 112 : Makruh minum dari mulut qirbah (bejana) dan sejenis dan hal itu adalah makruh tanzih bukan haram)
بسم الله الرحمن الرحيم
KITAB ETIKA MAKAN
BAB 112 : Makruh minum dari mulut qirbah (bejana) dan sejenis dan hal itu adalah makruh tanzih bukan haram
BAB 112 : Makruh minum dari mulut qirbah (bejana) dan sejenis dan hal itu adalah makruh tanzih bukan haram
📣Oleh Asy Syaikh Abu Fairuz Abdurrahman bin soekojo Al Indonesiy Al Jawiy Al Qudsiy حفظه الله
💢 HADITS 807
وعن أم ثابت كبشة بنت ثابت أخت حسان بن ثابت رضي الله عنه وعنها وعنها قالت دخل على رسول الله ﷺ فشرب من في قربة معلقة قائما، فقمت إلى فيها فقطعته. رواه الترمذي، وقال: حديث حسن صحيح.
وإنما قطعتها: لتحفظ موضع فم رسول الله ﷺ، وتتبرك به، وتصونه عن الابتذال. وهذا الحديث محمول على بيان الجواز، والحديثان السابقان لبيان الأفضل والأكمل، والله أعلم
Dari Ummu Tsabit Kabsyah binti Tsabit saudari Hassan bin Tsabit Radhiyallahu Anhu, dia berkata: "Rasulullah ﷺ pernah masuk ke rumah ku dan minum dari mulut bejana yang tergantung sambil berdiri lalu aku mengambilnya dan memotong mulut bejana tersebut."* (HR. Tirmidzi, ia berkata: "Hadits Hasan Shahih.")
Ummu Tsabit memotongnya agar bisa menjaga dan menghimpun bekas mulut Rasulullah ﷺ untuk diambil berkahnya dan menjaganya agar tidak terhinakan. Hadits ini menunjukkan arti kebolehan minum langsung dari mulut qirbah, sedangkan dua hadits sebelumnya menjelaskan cara yang paling utama dan sempurna. Allahu A'lam.
* Shahih At-Tirmidzi karya Al-Albani Rahimahullah no. 1542
➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Semoga mendapat faedah-faedah dan manfaatnya
Sumber Channel Telegram: رياض الصالحين