Header Ads

CARA MANDI JANABAH

Sumber Channel Telegram: MaktabahFairuzAddailamiy

CARA MANDI JANABAH

بسم الله الرحمن الرحيم.

Pertanyaan:
Bagaimanakah cara mandi janabah?
------------

Maka dengan memohon pertolongan kepada Allah ta’ala semata saya menjawab:

Boleh langsung menyiramkan air ke seluruh tubuh sekaligus.
Akan tetapi disunnahkan untuk mengikuti tata cara yang disebutkan dalam hadits-hadits yang shahih.
Datang di dalam hadits Maimunah رضي الله عنها yang berkata:


أدنيت لرسول الله صلى الله عليه و سلم غسله من الجنابة، فغسل كفيه مرتين أو ثلاثاً، ثم أدخل يده في الإناء، ثم أفرغ به على فرجه، وغسله بشماله، ثم ضرب بشماله الأرض، فدلّكها دلكاً شديداً، ثم توضأ وضوءه للصلاة، ثم أفرغ على رأسه ثلاث حفنات ملء كفه، ثم غسل سائر جسده، ثم تنحى عن مقامه ذلك، فغسل رجليه، ثم أتيته بالمنديل فرده.

“Saya mendatangkan kepada Rasulullah ﷺ air untuk beliau mandi dari janabah, maka beliau mencuci kedua telapak tangan dua kali atau tiga kali, kemudian beliau memasukkan tangan beliau ke dalam bejana itu, selanjutnya beliau mengucurkan air ke kemaluan beliau, dan mencucinya dengan tangan kiri beliau. Lalu beliau memukulkan tangan kiri beliau ke tanah dan menggosok-gosokkannya dengan keras. Lalu beliau berwudhu sebagaimana wudhu untuk sholat, selanjutnya beliau mencurahkan air ke kepala beliau sebanyak tiga cedukan dengan air sepenuh telapak tangan beliau. Lalu beliau mencuci seluruh jasad beliau, selanjutnya beliau berpindah dari tempat beliau tadi, lalu beliau mencuci kedua kaki beliau. Kemudian aku datangkan handuk kepada beliau tapi beliau menolaknya”. (HR. Al Bukhariy (265) dan Muslim (317), dan ini adalah lafazh Muslim).

Dalam riwayat lain dari Maimunah رضي الله عنها:
صببت للنبي صلى الله عليه وسلم غسلا فأفرغ بيمينه على يساره فغسلهما ثم غسل فرجه ثم قال بيده الأرض فمسحها بالتراب ثم غسلها ثم تمضمض واستنشق ثم غسل وجهه وأفاض على رأسه ثم تنحى فغسل قدميه ثم أتي بمنديل فلم ينفض بها.

“Saya mencurahkan air untuk dipakai mandi Nabi ﷺ , lalu beliau mengucurkan air dengan tangan kanan beliau ke tangan kiri beliau, kemudian beliau mencuci kedua tangan beliau, selanjutnya beliau mencuci kemaluan beliau. Lalu beliau meletakkan tangan beliau ke tanah dan mengusapkannya ke debu, lalu beliau mencuci tangan tadi. Selanjutnya beliau berkumur-kumur dan menghirup air dengan hidung, lalu beliau mencuci wajah beliau dan mencurahkan air ke kepala beliau, selanjutnya beliau berpindah dari tempat beliau tadi, lalu beliau mencuci kedua kaki beliau. Kemudian beliau diberi handuk namun beliau tidak memakainya”.  (HR. Al Bukhariy (259)).

Dan dari Aisyah رضي الله عنها yang berkata:
كان رسول الله صلى الله عليه و سلم إذا اغتسل من الجنابة دعا بشيء نحو الحلاب فأخذ بكفه بدأ بشق رأسه الأيمن ثم الأيسر ثم أخذ بكفيه فقال بهما على رأسه.

“Dulu Rasulullah ﷺ jika hendak mandi dari janabah, beliau meminta didatangkan satu bejana air, lalu beliau mengambil air tadi dengan telapak tangan beliau, kemudian beliau memulai dengan kepala beliau sebelah kanan, selanjutnya mengucurkan air ke bagian kiri dari kepala beliau, lalu beliau mengambil air dengan kedua telapak tangan beliau dan mencurahkannya ke seluruh kepala beliau”. (HR. Al Bukhariy (258) dan Muslim (318)).

Dan dari Aisyah رضي الله عنها yang berkata:
كان رسول الله صلى الله عليه و سلم إذا أراد أن يغتسل من الجنابة بدأ فغسل يديه قبل أن يدخلهما الإناء ثم غسل فرجه ويتوضأ وضوءه للصلاة، ثم يشرب شعره الماء، ثم يحثي على رأسه ثلاث حثيات.

“Dulu Rasulullah ﷺ jika hendak mandi dari janabah, beliau memulai dengan mencuci kedua tangan beliau sebelum memasukkan keduanya ke dalam bejana, lalu beliau mencuci kemaluan beliau dan berwudhu seperti wudhu beliau untuk sholat, kemudian beliau menjadikan air itu terserap ke dalam rambut beliau, lalu beliau menuangkan air ke kepala beliau sebanyak tiga cedukan”. (HR. At Tirmidziy (104)/shahih).

Dan dalam riwayat Muslim (316):

... ثم يتوضأ وضوئه للصلاة ثم يأخذ الماء فيدخل أصابعه في أصول الشعر حتى إذا رأى أن قد استبرأ حفن على رأسه ثلاث حفنات. الحديث.

__“... lalu beliau berwudhu wudhu beliau untuk sholat, kemudian beliau mengambil air, memasukkan jari-jemari beliau ke bagian akar rambut, sampai apabila beliau memandang bahwasanya air telah membasahi seluruh rambut, beliau menceduk air untuk mengguyur rambut beliau tiga cedukan ... (sampai akhir hadits).__

At Tirmidziy رحمه الله berkata setelah menyebutkan hadits tadi: “Dan inilah yang diamalkan oleh para ulama. Mereka juga berkata: “Jika orang yang junub itu memasukkan badannya ke dalam air dan dia tidak berwudhu, maka itu sudah sah baginya”. Dan itu adalah ucapan Asy Syafi’iy, Ahmad dan Ishaq”. (“Sunan At Tirmidziy”/1/hal. 174).

Iya, dia boleh memasukkan badan ke dalam air. Akan tetapi hal itu jika airnya mengalir seperti sungai, atau airnya banyak sekali seperti lautan. Adapun jika airnya sedikit sekali atau tidak mengalir, maka tidak boleh memasukkan badan yang sedang junub ke dalamnya.

Dari Abus Saib Maula Hisyam bin Zuhrah yang mengatakan bahwasanya Abu Hurairah رضي الله عنه berkata:

قال رسول الله صلى الله عليه و سلم: «لا يغتسل أحدكم في الماء الدائم وهو جنب». فقال: كيف يفعل يا أبا هريرة؟ قال: يتناولها تناولا.

“Rasulullah ﷺ bersabda: “Janganlah salah seorang dari kalian mandi di dalam air yang diam dalam keadaan dia itu junub”. Maka Abus Saib berkata: “Bagaimanakah dia harus berbuat wahai Abu Hurairah?” Dia menjawab: “Dengan cara menceduk”. (HR. Muslim (283)).

Maka yang terpandang dalam mandi janabah adalah isti’ab (Airnya mengalir ke seluruh tubuh).

Al Imam Abul Walid Al Bajiy رحمه الله berkata: 

“Sesungguhnya sampainya air ke seluruh jasad dalam mandi adalah wajib. Kulit yang ada di balik jenggot juga masuk ke dalam kategori jasad, maka air dan kebasahan juga wajib sampai ke situ. Adapun di dalam thaharah kecil (wudhu), yang wajib dibasuh hanyalah permukaan rambut (rambut kepala dan rambut jenggot) karena amalan tadi dibangun di atas keringanan, dan digantikannya posisi kulit oleh rambut yang menutupinya tanpa ada sebab darurat. Oleh karena itulah maka di dalam wudhu itu boleh mengusap kedua khuf (tanpa mencuci kaki), dan hal itu tidak boleh di dalam mandi (dan harus melepaskan khufnya)”. (“Al Muntaqa Syarhul Muwaththa”/Al Bajiy/1/hal. 101).

Dari Ummu Salamah رضي الله عنها yang berkata:

قلت: يا رسول الله إني امرأة أشد ضفر رأسي فأنقضه لغسل الجنابة؟ قال: «لا إنما يكفيك أن تحثي على رأسك ثلاث حثيات ثم تفيضين عليك الماء فتطهرين».

“Aku bertanya: “Wahai Rasulullah, sesungguhnya saya adalah wanita yang mengikat erat kuncir rambut kepala saya. Maka apakah saya harus menguraikannya untuk mandi janabah?” Beliau bersabda: “Tidak perlu. Cukuplah bagimu untuk engkau itu mengucurkan air ke kepalamu sebanyak tiga kali, kemudian engkau mencurahkan air ke seluruh badanmu maka dengan itu engkau menjadi suci”. (HR. Muslim (330)).

Berdasarkan dari riwayat-riwayat tersebut, diambillah tata cara mandi janabah sebagai berikut:

Pertama: mencurahkan air ke tangan kanan untuk mencucinya tanpa memasukkan salah tangannya ke dalam bejana air.

Kedua: mencurahkan air dengan memakai tangan kanan ke tangan kiri, lalu mencuci kedua telapak tangan sebanyak dua atau tiga kali.

Ketiga: memasukkan tangan kanan ke dalam bejana, lalu mencurahkannya ke kemaluan dan mencucinya dengan tangan kiri.

Keempat: memukulkan tangan kiri beliau ke tanah dan menggosok-gosokkannya dengan keras, lalu mencucinya.

Kelima: berkumur-kumur dan menghirup air dengan hidung lalu menghembuskannya lagi, lalu melanjutkan amalan-amalan wudhu sebagaimana wudhu untuk sholat,

Keenam: mengambil air dengan telapak tangan, lalu mengucurkan air ke kepala sebelah kanan, selanjutnya mengucurkan air ke bagian kiri dari kepala.

Ketujuh: berusaha untuk meratakan ke seluruh rambut.

Kedelapan: mencurahkan air ke kepala sebanyak tiga cedukan dengan air sepenuh telapak tangan, sambil berusaha untuk menyampaikan air ke akar rambut.

Kesembilan: mencuci seluruh jasad,

Kesepuluh: berpindah dari tempat berdiri tadi, lalu mencuci kedua kaki.
Boleh mencuci kedua kaki di akhir amalan wudhu, dan boleh juga menundanya sampai mencucinya di akhir amalan mandi.

Dan memang sunnah Nabi ﷺ itu lebih diberkahi, yang mana beliau tidak langsung mengguyur kepala yang mana boleh jadi persentuhan yang mendadak antara antara badan (yang suhunya lebih tinggi) dan air (yang suhunya mungkin lebih rendah) akan berpengaruh buruk pada pembuluh-pembuluh darah di kepala.

Barangsiapa mandi dengan tahapan di atas demi menjaga kesehatan, dia akan mendapatkan manfaat yang bagus di dunia.
Dan barangsiapa mandi dengan tahapan di atas karena ingin mengikuti sunnah Nabi, maka dia akan mendapatkan manfaat yang bagus di dunia dan Akhirat.

والله أعلم بالصواب، والحمد لله رب العالمين.

(Dijawab oleh : Asy Syaikh Abu Fairuz Abdurrohman bin Soekojo Al Qudsiy Al Jawiy حفظه الله )
Diberdayakan oleh Blogger.