Header Ads

Kajian Kitab Shohih al Bukhori (Majlis 30)

Sumber Channel Telegram: Syarah Shohih al-Bukhori

Kajian Kitab Shohih Bukhori
Bersama:
Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrahman bin Soekojo Al Jawiy حفظه الله 

 بسم الله الرحمن الرحيم 
Untuk download file PDF klik gambar 


Bab yang kedua
٢- باب دعاؤكم إيمانكم

Berarti doa kalian. ialah keimanan kalian berdasarkan firman Allah taala katakan wahai Rasulullah kepada mereka. Rabbku tidak peduli kepada kalian, tidak ambil berat kalian, kalau bukan karena doa kalian yaitu ibadah kalian. 

Dijelaskan oleh Syaikhul Islam, doa di sini doa masalah dan doa ibadah. Intinya kalau kalian. idak mau ibadah kepada Allah, kalian tidak ada harganya di sisi Allah taala. Makna doa secara bahasa adalah keimanan. Lalu apa. pembahasannya di sini diterangkan oleh karena Imam Nawawi punya sahih Bukhari namun tidak lengkap beliau meninggal dunia duluan. ah Ibnu Hajar menukilkan itu dan di ada beberapa jilid pertama kalau tak salah dulu ana buka-buka itu Imam Nawawi punya syarat sahih Bukhari tapi taklengkap jadi Imam Ibrahim mengatakan sebenarnya. dimasukkannya pembahasan ayat al-Furqan ini ayat terakhir ke dalam bab kedua ini adalah kesalahan dari sebagian eh sebagian pencatatnya memang. Kebanyakan pencatat yang ada sampai sekarang pencaratnya seperti ini di hadapan kita ini. Berdua doa tapi telah kami dapatkan kata Imam Nawawi dalam mmm sebagian manuskrip ternyata. ini kepada asar terakhir sebelum bab ini yaitu apa? Asar Ibnu Abbas kemudian Ibnu Abbas menafsirkan. jadi sebenarnya ini masuk ke pembahasan sebelum bab yang baru.. tapi mungkin juga kita, kita apa kita jamakkan karena kebanyakan dari penulis manuskrip mereka polanya seperti yang di hadapan kita ini betul-betul ini masuk dalam bab yang kedua. Baik, cara menjamahnya. bagaimana? Yaitu memang Imam Bukhari sengaja masuk ke bab yang baru dan kemudian mengisyaratkan kepada asar yang baru. Asar Ibnu Abbas untuk ayat yang lain. Dan itu tidak masalah. Kita tak rugi, tak ada yang hilang.. Cuma sekedar khilafnya ini masuk ke bab yang pertama ataukah masuk ke bab yang baru itu saja. 

Kemudian Al Hafidz mengatakan dan juga apa? Telah ditemukan manuskrip yang itu adalah hasil pendengaran langsung. dari murid langsung dari Imam Bukhari memang apa? Ternyata doa hukum iman, hukum ini masuk ke bab yang sebelumnya yaitu dia kepada. Untuk bagian kedua itu nanti hadis kedelapan, nah itu baru bab yang kedua. Tapi intinya tak masalah itu. 

Karena kita tak rugi, tak ada yang hilang, cuma sekedar penyusunannya saja, apakah ini ataukah itu. Oh iya, berarti yang menjadi inti. adalah bagaimana sekarang Asar ini. Asar ini diriwayatkan oleh Imam At-Tabari di dalam tafsir surat Al-Furqan juga diriwayatkan oleh Imam Ibnu Abi Hatim di dalam tafsir Al-Furqan. Ini ayat yang paling akhir. Tetapi apa? Di dalam sanadnya ada kritikan. Kenapa? Karena ini datang dari jalur Abu Shalih dari Muawiyah Ibnu Shalih kemudian apa? Sampai ke. Ali Ibnu Abi Toha dari Ibnu Abbas, sementara salat ini sering kita lewati dalam dari sahih Bukhari sanatnya daif. Kenapa? Abdullah bin Saleh, Abu Sholeh, Al Misri beliau hafalannya lembit. Tapi kelebihannya sikit saja.. beliau tetapi masalahnya beliau tidak pernah jumpa Ibnu Abbas. Makanya putus. Hanya saja Imam Ahmad menyatakan bukunya itu terpelihara. dia memang tak pernah jumpa Ibnu Abbas tetapi dia mendapatkan buku itu dan itu memang buku dari Ibnu Abbas. Maka tak masalah sebenarnya. Berarti apa? Kelemahannya tinggal si Abdullah bin Sholeh. 

Tetapi. dijelaskan oleh Imam Ahmad, kitab itu juga terpelihara di Abdullah bin Sholeh walaupun hafalannya tidak seberapa kuat, namun dari sisi penjagaan buku, dia sekretariat yang baik. Maka yang seperti ini, insya Allah tidak mengapa. Makanya. kalau kita lihat di dalam tafsir-tafsir banyak sekali pengambilan riwayat apa Ali bin Abi Thalhab dari Ibnu Abbas selalu dinukilkan itu. Boleh jadi sebagai penguat atau karena para ulama memandang kitab itu memang terpelihara, kita. Ibnu Abbas. Makanya Al-Habib Ibnu Hajar memberikan kesimpulan bahwasanya seperti ini akan menguatkan keadaan dari riwayat tersebut. 

Dan itu tidak mengapa insyaallah. Baik. Adapun yang mengatakan tetap daif juga tidak. mengapa? Memang zahir syaratnya dhoif. Intinya apa? Intinya Imam Al Bukhari rahimahullahu taala ingin menguatkan pendapat ahlusunah waljamaah bahwasanya memang yang namanya amalan itu bagian dari iman. buktinya apa? Doa, doa ini adalah amalan, doa masalah orang mengangkat tangan kemudian berdoa ya Allah begini, begini, begini. Itu amalan, amalan lisan. Yang jelas itu amalan ternyata Ibnu Abbas menamakan itu sebagai iman.. 

Kemudian doa yang kedua yaitu ibadah, jelas ibadah dengan berbagai bentuknya ini amalan. Ternyata Ibnu Abbas menamakan itu sebagai keimanan. Berarti apa? Memang amalan itu bagian dari iman.. selesai pembahasan dari tafsir terkait dengan masalah ini, doa di sini maksudnya adalah keimanan. 

Walaupun jumhur para mufasirin dan lain-lain jasanya. ada yang mengatakan bahwasanya doa ini adalah terbagi dua yaitu apa? Doa dan doa ibadah intinya Allah tidak ambil berat kali kepada kalian kalau bukan karena ibadah. kalian dengan menjalankan perintah dan menjauhi larangan dan itu iman juga sebenarnya. Kalau bukan karena kalian rajin berdoa kepada Allah, kalau bukan karena kalian rajin ibadah kepada Allah, niscaya kalian tidak ada harganya di sisi Allah. bahkan hewan masih lebih baik, hewan secara fitrah masih apa? Mentasbirkan Allah dan banyak memuji Allah taala. Sekarang kita masuk kepada hadis yang baru, setelah sekian lama kita terpisah dari hadis yang sanadnya. bersambungkan Bukhari nah sekarang kita masukan. Rasulullah sallallahu alaihi wasallam. Imam Bukhari mengatakan. adalah Abu Muhammad cuma apa? Beliau agak dikritik oleh para ulama, dikritik oleh Imam Ahmad dan lain-lain karena apa? Memiliki beberapa riwa. yang menguatkan orang-orang Syiah. Makanya sebagian ulama taksuka tetapi dari sisi kesifahannya oleh Ibnu Saad, Nasa'i dan lain-lain. Jadi dia cuma riwayat dia. Kalau menguatkan orang-orang Syiah, maka dihukumi mungkar. 

Sebagaimana disebutkan di dalam kemudian Abdullah bin Abi Sufyan, beliau ini adalah. Imam Ahmad mengatakan demikian pula Imam Sufyan bin Uyainah mengatakan orang ini mmm Yahya bin Ma'in mengatakan jadi kita takmampu membayangkan sehebat apa orang. Hamzalah bin Abi Sofyan hafalannya hebat sekali dan orangnya bagus. Beliau kufi. Ini menunjukkan semangatnya para ulama untuk belajar. Imam Bukhari dari Bukhari dari Uzbekistan, mendapatkan ilmu. dari apa yaitu mendapatkan dari orang kufar. Ini menunjukkan mereka semangat dalam rihlah menuntut ilmu. Dari dan beliau. Abdullah bin Umar telah kita lewati sedikit pembahasan biografinya di bab yang, yang sebelum ini ketika membahas apa itu?. seorang hamba tidak akan mencapai hakikat ketakwaan sehingga dia meninggalkan apa yang berbolak-balik di dalam dadanya apa yang masih meragukan. 

Nah kita telah menyebut. dulu biografi Ibnu Umar, beliau adalah Abu Abdurrahman. Al, mmm Abu Abdurrahman, Abdullah Ibnu Umar ibn Khattab Al-Adawi, Al-Kurasi, dan seterusnya.. Rasulullahi sallallahu alaihi wasallam Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda, Islam itu dibangun di atas lima dasar, lima pondasi, lima tiang yang paling besar.. Islam. Ini Islam dari apa? Dan ini dia masuk kepada. dengan perantaraan lam. Seperti ucapan masuk Islam untuk Allah, tunduk patuh kepada Allah. Juga seperti ucap. Nabi Ibrahim saya masuk Islam untuk jadi berarti maknanya apa? 

Dijelaskan oleh Islam Ibnu Taimiyah rahimahullahu taala sebagaimana dalam maje. ini Islam adalah yaitu tunjuk patuh kepada Allah dengan cara apa? Yaitu. melaksanakan tauhidullah dan menjauhi kesyirikan dan mematuhinya dengan ketaatan. Itulah yang namanya Islam, bukan hanya syahadat lalu maksiat.. hanya syahadat lalu takmau salat bukan hanya syahadat tapi ternyata masih pergi ke bomo, masih memelihara tanggal, itu bukan Islam yang diinginkan oleh Allah dan rasul-Nya. 

Baik, makanya dijelaskan oleh Imam Ibnul Qayim rahimahullah. taala, Islam ini kembalinya kepada makna salim. Kecuali orang yang mendatangi Allah dengan hati yang selamat. Apa itu hati selamat? Yaitu hati seorang. Muslim yang dia hanya tunduk patuh kepada Allah dan menjauh dari segala macam kesyirikan dan kemaksiatan. Inilah Islam yang sebenarnya. 

Sebagaimana juga dijelaskan oleh Imam Ibnu Rajab Al Hambali. sebagaimana dalam tafsir Ibnu Rajab ana dapatkan Islam itu tunduk patuh kepada Allah dengan mentauhidkan dia dan mematuhinya me. yaitu apa mengikutinya dengan ketaatan. Itulah Islam. 

Dan Islam terbagi menjadi dua, Islam. Islam yang bersifat umum dan Islam yang bersifat khusus. Sebagaimana dijelas. oleh dalam kitab Islam yang bersifat umum yaitu Islamnya para nabi semuanya. Baik, sebagaimana ucapan Nabi Nuh. Dan saya diperintahkan termasuk ada termasuk dari kaum muslimin. Juga seperti apa? Firman Allah tentang Nabi Ibrahim. Ib. bukan Yahudi, bukan Nasrani, tetapi dia orang yang lurus, yang muslim. 

Dan dia bukan termasuk dari kaum musyrikin. Ini adalah Islam yang, Islam yang apa? Yang umum. Sebagaimana apa? Ucapan Nabi Musa kepada kau. hendaknya hanya kepada Allah lah kalian bertawakal apabila kalian adalah kaum muslimin. Sebagaimana doa siapa misalkan? Eh doa. Nabi Yusuf alaihi sholatu wasallam wafatkanlah saya sebagai seorang muslim dan gabungkanlah saya kepada rombongan orang-orang yang saleh. Juga sebagaimana. pernyataan Hawariun-nya Nabi Isa, mengatakan apa? Persaksikanlah wahai, wahai Isa, bahwasanya kami adalah kaum muslimin, ini Islam yang bersifat umum, yaitu men. Allah dan menaati rasul yang diutuskan di masa itu. Adapun Islam yang di hadapan kita ini yang di dalam Hadis ini, Islam yang bersifat khusus, kenapa? Mengatakan lailahaillallah, Muhammadurra. bukan lagi bilang Isa Rasulullah, Musa Rasulullah. Berarti ini Islam yang khusus. Yang barang siapa tidak mau membaca dua kalimat syahadat, dia dihukumi kafir. Karena sekarang zamannya dakwah Nabi Muhammad sampai hari kiamat. Orang. Takboleh lagi masih mengikuti ajaran Nabi Musa dan sebagainya. Ini Islam khusus. 

Sebagaimana yang disebutkan tadi itu dijelaskan oleh Syaikhul Islam di dalam kitab Islam khusus adalah Islamnya orang yang. mentauhidkan Allah dan mengikuti Muhammad sallallahu alaihi wasallam sebagai nabi dan rasul. 

Dan juga hal itu dijelaskan juga oleh Imam Ibnu Rajab di dalam tafsir beliau. Itulah Islam. Nah sekarang kita kembali ke. hadis ini Islam dibangun di atas lima pondasi yang terbesar, lima tiang terbesar, rukun, yaitu. pertama adalah persaksian bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah itu adalah pengakuan dan pengumuman yang dibangun di atas ilmu. Sebagaimana dijelaskan oleh at. dalam Quran yang namanya adalah ucapan yang dibangun di atas ilmu. Ulama yang lain mengatakan syahadat. adalah azan yaitu pengumuman pemberitahuan pengakuan yang dibangun di atas ilmu. Berarti apa? Memang wajib belajar bukan hanya ikut. Ikutan dan tidak mau tahu. 

Bahkan wajib belajar. Allah taala berfirman kecuali orang yang bersaksi dengan benar dalam keadaan mereka tahu. Jadi syahadat itu dibangun di. atas ilmu, wajib belajar. Juga sebagaimana ucapan saudara-saudara Nabi Yusuf kami tidak bersaksi kecuali dengan apa yang kami tahu. Jadi, syahadat ini dibangun di atas. ilmu. Persaksian apa? Bahwasanya tiada sesembahan yang benar kecuali Allah. Jelas yang diinginkan bukan hanya syahadat lalu tetap saja berbuat syirik. itu bukan syahadat yang benar itu adalah dusta. 

Makanya dalam riwayat Imam Muslim dengan sanad yang layak dan lebih kuat daripada riwayat Ubaidullah bin Musa, kita tahu Ubaidullah bin Musa walaupun beliau sikoh tapi Imam Ahmad taksuka. dia punya riwayat-riwayat yang mungkar. Alhamdulillah ada syarat-syarat yang lain di antaranya di dalam sahih Muslim sendiri diriwayatkan oleh ulama yang lain yang mana Rasulullah bersabda apa. Islam dibangun di atas lima perkara yang pertama yaitu agar Allah ditauhidkan. Ini menunjukkan bahwasanya syahadat yang paling utama. yang terpandang bukan sekedar ucapan lisan, tapi benar-benar dibuktikan dengan mentauhidkan Allah, membuang apa itu? Benda-benda keramat yang selama ini disimpan dan diagung-agungkan, tidak lagi percaya pada khurafat dan takhayul, tidak lagi. kepada jin, setan, hantu, dan apa saja itu. Betul-betul hanya bersandar dan yakin kepada Allah taala semata. Ini baru apa? Islam yang betul-betul kuat. 

Kemudian. bahwasanya Muhammad adalah utusan Allah. Ini Islam yang khas. Bukan lagi mengikuti Nabi Isa, masa dakwah Nabi Isa sudah selesai. Bahkan nanti menjelang hari kiamat, Nabi Isa turun untuk menegakkan syariat Nabi Muhammad sebagaimana itu disebutkan. sahih Muslim. Berarti apa? Betul-betul hanya ikut Nabi Muhammad, bukan lagi ikut syariat Nabi yang lain. Apa makna Muhammad Rasulullah di sini persaksiannya? Yaitu apa? Nabi Muhammad mendatangkan empat perkara. yang pertama perintah-perintah untuk ditaati larangan-larangan untuk ditinggalkan kemudian apa?. berita-berita untuk diimani kemudian apa dan sunah-sunah untuk diteladani bukan sekedar kita cinta nabi tapi prakteknya apa kita matikan. sunah beliau kita hidupkan bidah nauzubillah ini syahadat macam apa bukan kita katakan orangnya kafir tapi apa ini tidak konsekuen mengaku Muhammad sebagai nabi kita tapi prakteknya malah ikut ajaran orang lain tak mau ikut ajaran nabi. Sunahnya dimatikan, demikian pula berita-beritanya tidak dipercaya. Demikian pula perintah-perintahnya malah dilanggar mmm perintahnya tidak dilaksanakan larangannya dilanggar. Ini bukan persaksian yang benar, bukan persaksian yang. sempurna. Kemudian yang kedua, menegakkan sholat. Ini adalah ibadah yang paling penting. Kalo tadi ibadah talbiyah dan. adapun yang sekarang adalah ibadah walaupun di dalamnya ada amalan hati juga, namanya salat, ada niat, dan juga ada kekhusyukan, ini semua dan juga ada zikir-zikir yang banyak, berarti apa?. salat, ibadah banyak niat tapi tidak lepas dari amalan hati dan lisan. Salat itu sendiri apa? Secara luhur maknanya adalah ad doa. Tetapi secara syariat sebagaimana dijelaskan oleh attufi dan juga diija. oleh dua-duanya dalam dalam dia adalah di atas. yaitu ucapan dan perbuatan yang dimulai tentunya ucapan dan perbuatan yang khusus sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari. Ucapan dan perbuatan yang khusus yang dimulai dengan takbiratul. dan diakhiri dengan salam, itulah salat. Bukan lagi doa-doa biasa, tapi amalan yang makruf, yang Rasulullah mengajarkan untuk melaksanakan itu, ada ruku, ada sujud, ada itidal, ada duduk dan sebagainya itu.. Islam dibangun di atas apa? Penegakan sholat. Bukan sekedar melaksanakan sholat tapi menegakkan sholat. 

Apa makna menegakkan sholat? Diriwayatkan oleh Imam Ibnu eh Ibnu eh. di dalam tafsir beliau dari sanadnya hasan dan boleh disahihkan yang namanya adalah melaksanakan salat dengan memenuhi syarat dan rukunnya. serta melaksanakan kewajiban-kewajibannya itulah yang namanya menegakkan salat. Makanya kalau kita bayangkan ini pembahasan tauhid dan pembahasan salat saja boleh jadi masih banyak dari saudara-saudara kita yang. Islamnya itu cacat dan itu harus diakui tauhidnya saja kita lihat bagaimana mereka kacau, berbuat syirik masih banyak, demikian pula salatnya, salatnya saja tidak ikut salatnya nabi. 

Makanya Hadis kedelapan i. saja sudah menjadi koreksi yang besar apakah Islam yang sebenarnya dan sudah seberapa kadar keislaman kita berarti apa perlu lebih banyak belajar dan beramal sambil terus apa terus berusaha memperbaiki diri enggak terlambat selama. hidup tidak ada kata terlambat. 

Kemudian yang ketiga menunaikan zakat, membayarkan zakat, secara adalah zakat secara bahasa. mengandungi dua makna, yang pertama kesucian, anak yang suci, dan apa itu? Zakat maknanya adalah artinya yaitu berkembang, tumbuh. Kembar. Makanya zakat ini tidak menyebabkan orang miskin, dia sesuai dengan namanya. Yaitu apa? Dia menjadi suci dan dia menjadi semakin berkembang. Allah taala berfirman. ambil oleh engkau wahai Rasulullah sebagian dari harta-harta mereka yang dengan itu engkau menyucikan mereka dan engkau menumbuhkan harta mereka itu dengan. zakat tadi. 

Rasulullah bersabda itu tidak mengurangi harta. Berarti apa? Semakin dia menjalankan zakat sebagaimana yang disyariatkan akan semakin suci hartanya tidak lagi. Campuri oleh maksiat-maksiat, mungkin riba, mungkin, mungkin seterusnya. Berbagai perkara yang akan merusak keberkahan harta. Dengan dizakati kalau sampai nisabnya, maka menjadi bersih. Atau kalau belum. Sampai nisab tapi rajin bersedekah ini juga menyuci harta. Sedekah itu menyuci harta. Rasulullah menamakan apa? Sedekah itu adalah kotoran yang dikeluarkan dari harta manusia. Berarti apa? Semakin bersih harta itu. 

Baik.. itu adalah yaitu harta yang khusus dengan keadaan yang khusus dikeluarkan pada waktu yang khusus sebagaimana dijelaskan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari. Ada aturannya. 

Kemudian yang keempat Al Had. two yaitu haji adalah yaitu menyengaja secara syariat adalah yaitu menyengaja pergi. ke Baitullahil Haram di waktu yang dikhususkan dan di tempat yang dikhususkan berarti apa mulai talbiahnya adalah boleh dari rumah tetapi yang wajib adalah nanti ketika sudah mencapai mito. dengan apa? Pakaian yang dikhususkan dan sebagainya itu dikhususkan tidak wajib putih tetapi apa? 

Dikhususkan peraturan-peraturan itu kalau yang terutama yang laki-laki dan waktunya khusus kalau haji jelas itu adalah. di bulan-bulan haji yaitu apa di mmm Syawal, Zulkaidah dan Akhid dan awal-awal Zulhijah. Itulah haji dan tempatnya makruf bukan karena jif bukan ke Irak atau ke Iran tapi ke tanah suci Mekkah.. 

Kemudian haji yang kecil, umroh. Yang kelima terakhir dalam riwayat Imam Muslim dan yang lainnya puasa di bulan Ramadan. Secara adalah. menahan diri sebagaimana perintah Allah taala kepada Maryam mengatakan apa itu. maka apabila engkau melihat ada seseorang maka katakan kepadanya tapi dengan isyarat saya telah bernazar kepada Ar-Rahman hari ini saya akan puasa, puasa yang mana? Saya tidak akan mengajak bicara pada siapa pun. Ini imsak menahan diri. Itu cara bahasa. 

Adapun secara syariat adalah yaitu menahan diri dari perkara-perkara yang membatal. puasa. Yaitu apa? Yaitu makan, minum dan jimak di waktu yang dikhususkan yaitu apa? Yaitu apa? Sejak terbitnya fajar sampai terbenamnya matahari.. Nah yang menjadi puasa yang wajib mmm puasa yang fardu adalah apa puasa Ramadan di bulan Ramadan itu. Baik dengan tata cara yang makruf nah ini kelima-limanya ini adalah sebagai penegak terbesar dari. agama Islam rukun yang terbesar. 

Kesimpulannya apa di sini? Apa yang diinginkan oleh di dalam kitab ini dalam kitabul iman yaitu apa. tatkala kita sudah tahu bahwasanya segala jenis ibadah itu bagian dari iman seperti yang disebutkan tadi itu dari Ibnu Abbas kemudian Imam Bukhari mengingatkan Islam itu sendiri dibangun di atas lima ibadah. yang sangat besar. Yaitu apa? Ibadah yang terkait dengan ibadah yang terkait dengan salat. Salat adalah hubungan antara hamba dengan Rabb-nya. Kalau dia malas salat berarti dia tidak menjaga. Hubungan dengan Allah nauzubillah. Kemudian apa? Ibadah maliah yang terbesar yaitu zakat. 

Dijelaskan oleh Ibnu Hajar, zakat adalah ibadah, ibadah hartawi yang terbesar. Kemudian. yang ketiga yaitu termasuk syiar terbesar pertemuan muslimin terbesar di dunia yaitu pada waktu haji ketika wukuf di Arafah makanya nabi bersabda haji yang paling terpandang adalah wukuf. di Arafah, pertemuan terbesar di seluruh dunia kaum muslimin, pertemuan tsanawiyah tahunan adalah di situ, menunjukkan kesetiaan kepada Jamaatul Muslimin. Kemudian apa? Puasa Ramadan menunjukkan kesiapan untuk. Berkurban untuk Allah taala, mengorbankan diri dengan apa? Menahan diri dari makan, minum, dari jimak semata-mata karena Allah taala. 

Maka pahalanya tanpa ada batasannya. Sebagaimana dalam hadis dari Ibnu, dari Abu Hurairah radhiyallahu. Hadis Qudsi. Ini semua adalah ibadah dan ini semua adalah bagian dari iman. Berarti memang iman itu bertambah dan berkurang.
Powered by Todorant
Diberdayakan oleh Blogger.