Header Ads

Kajian Kitab Shohih al Bukhori (Majlis 8)

Sumber Channel Telegram: Syarah Shohih al-Bukhori

Kajian Kitab Shohih Bukhori
Bersama:
Asy-Syaikh Abu Fairuz Abdurrahman bin Soekojo Al Jawiy حفظه الله 

 بسم الله الرحمن الرحيم 
Untuk download file PDF klik gambar 


Tarikh 20 Zulhijjah 1442, bersamaan 30/07/2021 Jumaat.

Tadi malam hadis yang ke 4, tentang awal-awal Surat al Muddatsir. 

Sebelum masuk ke hadis 5, disebutkan akhir dari hadis yang ke 4 itu 

وقال يونس ومعمر: بوادره
⛔️ Ana semalam menyebutkan daging yang menempel di dada, ini salah**. Yang menempel di dada itu diriwayatkan oleh Uqail Ibnu Kholid dari Zuhri, sementara yang sekarang Yunus al Aili dan Ma'mar bin Rasyid al Basri, dua-duanya dapat dari az Zuhri dengan lafadz بوادره. Adapun kalau hadis yang diatas, riwayat Uqail bin Khalid dari az Zuhri, lafadznya, kembalinya ke hadis yang ke 3, ketika Rasulullah balik menemui Khodijah,
يرجف فؤاده
Dadanya bergoncang. 

Jadi untuk riwayat Uqail, itu adalah dadanya yang bergoncang. Adapun yg disebutkan Bukhori disini, hadis  ke 4, masih satu rangkaian sanad, ke 3 da ke 4 ini, بوادره, ini riwayat Yunus dan Ma'mar, ini bukan dada, ana semalam salah menyebut itu, tetapi بوادره ini maksudnya adalah daging di antara leher dan pundak dan bahu, yaitu leher beliau bergetar. Thayyib, lalu yang betul yang mana? Apakah bergetar itu dadanya ataukah daging lehernya gementaran? Dua-duanya betul sebagaimana kata al Hafiz al Iroqi rahimahullahu taala di dalam kitab beliau Torhut Tasrib. Dua duanya betul dan ini saling mengharuskan ketika ketakutan menyerang dgn amat sangat, yang bergetar bukan hanya dada tapi leher juga ikut bergetar. Dan ini juga yang disebutkan oleh al Hafiz Ibnu Hajar dalam Fathul Bari. Jadi dua-duanya betul, tidak perlu kita saling menyalahkan. Lehernya bergetar dan dadanya pun bergetar.⛔️

Masuk ke Bab 4

• Pembahasan tajuk bab

حدثنا موسى بن إسماعيل قال: حدثنا أبو عوانة قال: حدثنا موسى بن أبي عأشة قال: حدثنا سعيد بن جبير عن ابن عباس رضي الله عنهما في قوله تعالى: 《لا تُحَرِّكْ بِهِ لِسَانَكَ لِتَعْجَلَ بِهِ》

Jangan engkau (Wahai Rasulullah) menggerakkan (untuk membaca wahyu) lisan mu, untuk engkau bersegera membacanya, bersegera menghapalnya.

Maksudnya
Di awal-awal masa wahyu, ketika Jibril membacakan wahyu Rasulullah khawatir dia tidak mampu menghapal, maka beliaupun setiap kali Jibril berbicara, Rasulullah juga ikut mengucapkan itu. Maka kemudian turun ayat ini.

قال كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يعالج من التنزيل شدة
Dulu Rasulullah sallallahu alaihi wasallam sering mengusahakan, mengurusi wahyu itu dengan kesusahan شدة.
 يعالج
mengurusi, mengalami.
Rasulullah sering mengalami kesulitan ketika wahyu turun.

وكان مما يحرك شفتيه
Dan ikut menggerakkan kedua bibir beliau.

Hapalan bukan sekadar dihati, lidah juga dilatih berulang-ulang sehingga hati kita mengucapkannya (ucapan hati).

فقال ابن عباس: فأنا أحركحما لكم كما كان رسول الله صلى الله عليه وسلم يحركهما
Maka saya akan menggerakkan kedua bibir saya kepada kalian sebagaimana dulu Rasulullah sallallahu alaihi wasallam menggerakkan bibirnya. Saya mencontoh Rasulullah.

وقال: سعيد أنا أحركهما كما رأيت ابن عباس يحركهما
Saya mengerakkan kedua bibir saya sebagaimana saya melihat Ibnu Abbas   menggerakkan bibirnya. 

فحرك شفتيه
Lalu beliau menggerakkan kedua bibirnya.

 فقال تعالى.《لا تُحَرِّكْ بِهِ لِسَانَكَ لِتَعْجَلَ بِهِ》  
Maka  Allah subhanahu wata'ala berfirman : Jangan engkau menggerakkan lidahmu untuk membaca wahyu ini,
لِتَعْجَلَ بِهِ 
Engkau bersegera untuk menghapal wahyu itu.

إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ
Sesungguhnya kewajipan Kamilah untuk mengumpulkannya.

Mengumpul di dalam hatimu.

وَقُرْآنَهُ
Dan pembacaannya.

Hatimu akan mampu untuk membacanya. Lidah mu akan mampu untuk membacanya, walaupun sekarang engkau sedang diam mendengarkan wahyu.  Ini kekhususan nabi sallallahu alaihi wasallam.

قال: جمعه لك في صدرك
Makna عليها جمعه yaitu kewajipan Kamilah untuk mengumpulkan wahyu itu untuk dirimu di dalam dadamu,   وتقرأ dan engkau mampu membacanya.

فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ 
Kemudian apabila Kami selesai membacanya, maka ikutilah bacaan itu.

قال: فاستمع له وأنصت
Kata Ibnu Abbas, seakan-akan Allah berfirman,  "Maka simaklah baik-baik dan diamlah engkau." Diam saja, tunggu Jibril selesai.

*)ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا بَيَانَهُ**
Kemudian sesungguhnya kewajipan Kamilah untuk menerangkannya.

ثم إن علينا أن تقرأه
Maknanya kata Ibnu Abbas, yaitu Kewajipan Kami untuk menjamin engkau mampu membacanya.

فكان رسول الله صلى الله عليه وسلم بعد ذلك
Maka Rasulullah sallallahu alaihi wasallam setelah itu,

إذا أتاه جبريل** 
Apabila Jibril mendatangi beliau,

استمع
Maka beliau menyimak, menyimak bacaan Jibril.

فإذا الطلق جبريل
Kemudian apabila Jibril.berangkat pergi, 

قرأه النبي صلى الله عليه وسلم كما قرأه
Nabi sallallahu alaihi wasallam membaca wahyu tadi sebagaimana Jibril membacanya.

Para rowinya

• Musa bin Ismail, guru Imam Bukhari. Abu Salamah Musa bin Ismail at Taburzaki al Basri, Basrah. Di juluki tsiqotun qayyis soleh. terpecaya, sangat cerdik, soleh. 
• Hapalannya hebat, bukunya lebih hebat lagi, sampai dikatakan bukunya menyamai hapalan Sufyan ats Tsauri, mampu mengalahkan hapalan Syu'bah dan Hushaim. 
• Jumhur ulama' mengatakannya tsiqah dan hebat. 
• Yahya bin Ma'in mengatakan, setiap ada guru takut kepada beliau, khawatir Yahya bin Ma'in tahu kesalahan guru itu KECUALI Abu Salamah ini. Yahya bin Ma'in Amirul Mukminin fi hadis.

Pada suatu hari beliau didatangi Abu Salamah at Tabuzaki ini, Musa bin Ismail didatangi Yahya bin Ma'in, mengatakan, "Ya Aba Salamah, saya punya buku dari anda, daftar hadis anda. Tapi ada 1 hadis tidak ada dalam isi buku anda, tapi anda tulis di sampulnya. Terus Abu Salamah bilang,  "Lalu engkau mahu apa?" Dia mengatakan, "Wahai Aba Salamah, saya minta anda bersumpah bahawasanya ini memang hapalan anda." Maka Abu Salamah mengatakan, "Saya bersumpah, ini hapalan saya dan isteri saya, saya talak kalau saya keliru. Saya tidak lagi mahu bicara sama engkau sampai mati." Ha marah dengan muridnya. Memang Yahya bin Ma'in, sangat teliti, cuma terkadang, sebagian guru jadi marah sama beliau kerana dia terlalu.berlebihan atau apa menurut sebagian guru. Dan masih banyak cerita-cerita yang lain dan ini guru Imam Bukhari yang paling hebat, Musa bin Ismail,.walaupun namanya mungkin tidak terkenal. Terkenal seperti Imam Ahmad, Abdullah Ibnu Zubair al Humaidi dan lain-lain. Tapi ini termasuk guru yang paling hebat, Musa bin Ismail.

Abu Awanah, Dhohak bin Abdillah al Yashkuri al Wasiti, beliau tsiqah. Termasuk minal asbat, orang yang terkumpul hapalannya. Bukunya termasuk buku yang terbaik.

Musa Ibnu Abi A'isyah, Abul Hasan al Kufi, tsiqah. Jarir mengatakan setiap kali saya lupa  langsung saya mengingat Allah ketika melihat Musa bin Abi A'isyah, bagian dari karamah.
• Kisah Muhammad bin Sirin, ketika dia masuk pasar, orang yang melihat dia langsung berzikir kepada Allah. Ini karomah.

Sa'id Ibnu Jubair, Abu Muhammad @ Abu Abdillah al Kufi, termasuk murid terbaiknya Ibnu Abbas.

Ibnu Abbas, bahrun wa habr, hablul ummah, lautan ilmu dan ulama'nya umat ini, turjumatul qur'an. 
• Beliau masuk Islam ketika Fathu Mekah.
• Biografinya ma'ruf. Beliau ikut berperang di Khurasan.
• Rasulullah meninggal dunia dalam keadaan Ibnu Abbas baru 13 tahun.
• Ibnu Abbas meninggal ketika sangat tua. Ketika orang memakamkan jenazah, langsung ada burung putih yang hinggap dikubur beliau kemudian membacakan firman Allah subhanahu wa ta'ala,
يَا أَيَّتُهَا النَّفْسُ الْمُطْمَئِنَّةُ 
Wahai jiwa yang tenang
ارْجِعِي إِلَىٰ رَبِّكِ رَاضِيَةً مَّرْضِيَّةً 
Kembalilah engkau kepada Robbmu.dalam keadaan di ridhoi dan ridho. Dalam keadaan Allah redho kepadamu dan engkau redho kepada Allah
فَادْخُلِي فِي عِبَادِي (29) وَادْخُلِي جَنَّتِي (30)
Masuklah engkau dalam golongan para hambaku yang soleh dan masuklah ke dalam syurgaku.
• Kata Imam adz Zahabi rahimahullah,  hadis ini Mutawatir.
• Rasulullah mendoakan Ibnu Abbas,
اللهم فقحه في الدين وعلمه تكويل
Ya Allah, jadikanlah dia itu faqih, yaitu sangat faham terhadap agama ini dan ajarilah dia takwil yaitu tafsir al quran.

Sa'id bin Jubair, Kufi. Meninggal dunia dibunuh oleh Hajjaj bin Yusuf. Sebelum beliau di penggal kepalanya, beliau mendoakan,
"Ya Allah janganlah engkau jadikan Hajjaj ini menguasai siapa pun setelah saya mati". Begitu beliau meninggal dunia Hajjaj jatuh sakit. Dan setiap malam dia tidak mampu tidur kerana selalu mimpi di datang Sa'id bin Jubair. Akhirnya tersiksa. Setelah beberapa hari dia mati.

Imam Bukhari Khurasan (Bukhoro), meriwayatkan dari Musa bin Ismail (Basri) meriwayatkan dari Abu Awanah dari (Wasit, daerah Iraq) meriwayatkan dari Musa bin Abi A'isyah (Kufah) meriwayatkan dari Sa'id bin Jubair (Kufah) meriwayatkan dari Ibnu Abbas (Makki, kemudian di zaman pemerintahan Abdullah Ibnu Zubair, dia pindah ke Basrah *Sheikh agak terlupakan*.

Semangatnya para ulama untuk menuntut ilmu dimanapun ada ulama', bahkan mereka berusaha mengambil ilmunya. Sama saja yang satu tempat atau yang tempatnya lain-lain.

🍂🍁🍂
Ibnu Abbas mengajarkan tafsir firman Allah taa'la,
ا تُحَرِّكْ بِهِ لِسَانَكَ لِتَعْجَلَ بِهِ (16)
Jangan engkau (Wahai Rasulullah) menggerakkan lidahmu untuk membaca, wahyu ini, لِتَعْجَلَ بِهِ untuk engkau bersegera menghapal wahyu tersebut. 

Dulu Rasulullah sering mengalami kesulitan didalam menghapal wahyu yang turun. Dijelaskan oleh sebagian ulama didalam buku-buku mereka, Rasulullah bersungguh-sungguh berusaha menghapal alQuran. Maka, bagaimana dengan kita? Cuma Rasulullah dijamin oleh Allah taala, "Engkau akan menghapal, Kami yang menjaminnya." Sementara kita tidak ada jaminan apa-apa, maka semestinya kita lebih bersungguh-sungguh untuk menghapal Quran, untuk sering-sering membacanya. Rasulullah aja berulang-ulang membaca dengan bibir beliau. Bagaimana dengan kita? Lebih layak lagi untuk kita menghapalnya. Bersungguh-sungguh untuk menjaga hapalan yang ada, menambahnya lagi dan seterusnya.

Pembahasan surat al Qiyamah, surat Makkiyah.

Saya akan menggerakkan bibir saya sebagaimana Rasulullah menggerakkan bibir beliau.

• Ibnu Abbas lahir 3 tahun sebelum hijrahnya nabi.
• tahun pertama turunnya wahyu, Ibnu Abbas belum lahir.
• boleh jadi ayat ini turun 10 tahun sebelum Ibnu Abbas lahir.

Bagaimana Ibnu Abbas mampu menceritakan seperti itu? Rasulullah menggerakkan bibirnya begini begini, ini seperti hadis ke 2, hadis ke 3, hadis ke 4. Hadisnya mursal tapi hukumnya bersambung, mursal sahabi. 

Kemungkinan besar, para sahabat itu langsung mendapatkan cerita dari Rasulullah sallallahu alaihi wasallam, kerana Ibnu Abbas sering belajar, sering bertanya. Bukan mustahil, beliau tanya nabi di masa hayatnya. Maka Ibnu Abbas mampu menceritakan bagaimana nabi menggerakkan bibirnya waktu turunnya ayat al Qiyamah tadi.

رأيت ابن عباس يحركهما فحرك شفيته
Sa'id bin Jubair menggerakkan bibirnya ketika membaca ayat itu.
Musalsal bil fi'il, gerakan bibir ketika membaca ayat alQuran. 

فأنزل الله تعالى 
Lalu Allah taala menurunkan firmanNya,

Di jelaskan oleh Ibnu Battol rahimahullah, ini menunjukkan memang wahyu turun dari atas, berarti memang Allah DI ATAS. Aqidah Ahlussunnah wal Jama'ah, Allah taala diatas, makanya Dia menurukan wahyu kepada makhluk yang dibawah yairu nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam.

 **لَا تُحَرِّكْ بِهِ لِسَانَكَ لِتَعْجَلَ بِهِ (16) إِنَّ عَلَيْنَا جَمْعَهُ وَقُرْآنَهُ**

Pembahasan tentang إن harfu taukid lit ta'lil*
• Secara nahu - harfu taukid 
• Secara tafsir dan ilmu usul fiqh - lit ta'lil.
Kenapa tidak boleh demikian? Alasannya Kami yang menjamin untuk mengumpulkan wahyu itu dan pembacaannya.

جَمْعَهُ لك في صدرك
Kami yang menjamin untuk mengumpulkan wahyu itu ke dalam dadamu.

Maka ini menunjukkan apa? Yang namanya Qur'an, itu memang untuk dihapal.** Nabi dijamin oleh Allah hapal, ha kita tidak dijamin, kita berusaha menghapal. Makanya para ulama menghapal Qur'an. Allah taal berfirman, 

بل هو ايات بينت في صدور الذين اوة العلم
Bahkan alQur'an adalah ayat-ayat yang jelas di dada-dada orang yang diberi ilmu.

Kalau kita ingin ilmu agama yang benar, maka hapalkan Qur'an, karena Allah menjadikan hapal Qur'an itu didada orang-orang yang berilmu. Memang inilah punca dari ilmu.

وتقرأه
Dan engkau membacanya. Kami menjamin engkau akan mampu membacanya.

فَإِذَا قَرَأْنَاهُ فَاتَّبِعْ قُرْآنَهُ
Kemudian apabila Kami telah membacanya (dengan fiil madhi), sudah membacanya, maka ikutilah bacaannya.
Dijamin engkau mampu.

قَرَأْنَاهُ
Kami membaca. Padahal siapa yang membacakan wahyu kepada Rasulullah? Yaitu Malaikat Jibril. Tapi kenapa Allah mengatakan Kami membacanya? Dijelaskan Ibnu Batthol rahimahullah, didalam syarah Sahih Bukhari, juga Imam Nawawi dalam syarah Sahih Muslim, ini menunjukkan bolehnya idofatul qiro'ah al amiri biha. Boleh menisbatkan pembacaan itu kepada yang memerintahkannya. Walaupun yang membaca Jibril, tapi siapa yang memerintahkan kepada Jibril untuk membaca? Yaitu Allah ta'ala. Apakah boleh ini disandarkan kepada Allah sebagai apa? Dikernakan,
هذا الأميري هو الذي يبن واست
Si komandan ini atau governor inilah yang membangun negeri Wasit, padahal mungkin yang membangun adalah para pekerjanya dan kakitangan. Dia cuma kasi perintah. Tetapi boleh,

الأمير بشيء كفاعله
Kaedah didalam fiqh apa? Orang yang memerintahkan sesuatu, bagaikan pelakunya.

Makanya ini akan masuk kedalam pembahasan fiqh, bagaimana kalau satu orang itu memerintahkan orang lain untuk membunuh? Siapa yang nanti dihukum mati? Membunuh orang yang tidak bersalah tentunya. Dua-duanya dihukum mati. Yang satu dihukum mati kerana dia mubasyir, pelaksanya langsung. Yang lain dihukum mati kenapa? الأمير به, yaitu yang memerintahkan pembunuhan. Dua-duanya dihukumi sebagai pembunuh. Thayyib,  makanya ini masuk kedalam pembahasan fiqh.

Kemudian,
فاستمع له وأنصب
Maka dengarkanlah baik-baik, dan diamlah engkau.

Walaupun إستمع, sebagaimana dijelaskan oleh Abu Hilal al Asykari dalam Fulukhul Lugahwiyah, apa bezanya إستمع dan  سمع?
إستمع
Itu mendengar dan diam. Kalau  سمع, itu mendengar saja.

فاستمع
Yaitu engkau diam dan engkau dengarkan.

Ada sebagian orang yang mendengar tapi dia sambil bicara. Cuma yang diperintahkan sekarang apa? Engkau dengarkan tapi juga sekaligus diam agar hasilnya lebih maksimal. 

Kemudian وأنصب, diamlah engkau. Diam sambil mendengar. Kalau أسكت سكت berarti diam saja, tapi kalau نصت أنصت, itu diam dan mendengar. Jadi ini saling menguatkan. إستمع dan أنصت, itu sama-sama diam dan mendengar.

ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا بَيَانَهُ 
Kemudian kewajipan Kamilah untuk menerangkannya. Kata Ibnu Abbas, ثُمَّ إِنَّ عَلَيْنَا  an taqro'ah, kemudian kewajipan Kamilah untuk engkau mampu membacanya. Dijamin wahyu itu sempurna, datang ke umat ini. Karena nabinya dibantu, di jamin untuk mampu membaca sebagaimana adanya. Jadi tidak ada wahyu yang  disembunyikan, tidak ada wahyu yang kurang fasih kerana dijamin apa yang Rasulullah bacakan kepada umat ini, seperti yang beliau dengar dari malaikat Jibril. Dan Jibril terpecaya,  tidak mengurangi dan tidak menambahi apa pun.

Kemudian,
فكان رسول الله صلى الله عليه وسلم بعد ذلك
Kemudian Rasulullah sallallahu alaihi wasallam setelah itu,
إذا أتاه جبريل استمع
Apabila Jibril mendatangi beliau, beliau diam dan mendengar baik-baik.

Jadi Rasulullah melaksanakan isi perintah Quran.

 فإذا انطلق جبريل قرأه النبي صلى الله عليه وسلم كما قرأه
Kemudian apabila Jibril berangkat pergi, nabi sallallahu alaihi wasallam membaca wahyu itu sebagaimana Jibril membaca wahyu itu. Betul-betul seperti yang dibaca oleh Jibril. Jadi nabi betul-betul hapal dan faham.

Hadis ke 5 ini kembalinya kepada hadis yang ke 2, yaitu apa? Terkadang malaikat datang kepada saya berupa bentuk lelaki, lalu apa? Setelah dia pergi,  maka saya paham dan hapal terhadap apa yang dia baca. Kembalinya kepada hadis yang ke 2., Rasulullah langsung hapal dan memahami.






Diberdayakan oleh Blogger.