Kajian Kitab Terbitnya Dua Bulan Purnama (Atsar)
Sumber Channel Telegram: طلوع البحرين
Agama nabi Muhammad adalah atsar2.
Jangan menjauhi ahli hadis.
Berijtihad sendiri padahal kita belum mujtahid.
Kalau sahabat telah bersepakat, haram generasi.berikutnya menyelisihinya.
Kita masih di muka surah empat puluh empat dari catatan kaki dalam gerakan kaki. maka orang yang terbaik adalah orang yang kokoh di atas asar, yaitu di atas dalil-dalil di atas jejak rasul dan para sahabat. Ini sebagai apa? Mmm kesimpulan dari Hadis Abu Hurairah yang dibaca pada pertemuan yang lalu. Dan orang-orang, manusia akan terus berada di dalam kebaikan selama mereka berjalan di atas asar.. Basri termasuk tabiin yang terbaik. Dulu mereka yaitu para sahabat memandang bahwasanya seseorang. ada di atas jalan yang lurus selama mereka ada di atas asar, yaitu mengikuti jejak para salaf. Mengikuti dalil dengan pemahaman para salaf. Diriwayatkan oleh Ad-Darimi dan Ibnu Bathol juga Ibn. dalam dengan sanad yang sahih. Telah pasti bahwasanya imam Abu Amr, Abdurrahman Ibnu Amr al-Auza'i rahi. mengatakan engkau wajib setia dengan orang yang terdahulu. Walaupun umat manusia menolakmu.. dan hindarkan, dihindari dirimu, hindarkan dirimu, dan hindarilah rasional-rasional para tokoh walaupun mereka menghiasi itu dengan ucapan. indah kepadamu. Sebagaimana dalam as syariat karya dan sanadnya sahih. Dalam riwayat al-harawi rahimahullah. wajib atasmu untuk setia kepada orang yang terdahulu. Dan hindarkan olehmu. Rasional-rasional para tokoh. walaupun mereka menghiasi rasional mereka, pendapat yang tidak didukung oleh dalil dengan hiasan-hiasan, dengan suatu perkataan yang indah, karena sesungguhnya urusan ini sudah. jelas. Hina yang jadi tatkala dia itu jelas, jelas dengan apa? Dalil. Dan engkau dari jalan yang perkara yang jelas itu engkau ada di atas jalan yang lurus. Maka takpe. kalau sudah tahu dalil dan jejak salah tentang masalah itu. Selesai dari bundar rahimahullah Al-Basri. agama Nabi Muhammad adalah asar-asasar yaitu dalil-dalil dan jejak yang ditinggalkan itu. Sebaik-baik. seorang pemuda adalah yaitu hadis-hadis.. sekali-kali engkau terpe terperdaya sehingga menjauh dari hadis dan ahli hadis. Karena sesungguhnya rokyub, rasional tanpa dalil, itu adalah bagaikan gelapnya malam, sementara Hadis adalah terangnya. Siang. Karena terkadang pemuda itu keliru dari jalan-jalan petunjuk, namanya masih muda, darah muda senang untuk. Salah. Tapi apa? Kita ikuti pendapat-pendapat para ahlul hadis, bimbingan para ahli hadis, agar kita tidak keliru jalan. Sementara matahari itu sudah terbit dan memiliki cahaya-cahaya. Makanya. Sebutkan di dalam eh Hanabilah, Imam Ahmad ditanya, oleh salah seorang muridnya, kepada siapa saya harus belajar, maka beliau mengatakan engkau harus. Setia belajar kepada ahli hadis karena mereka adalah para pengganti. Pengganti nabi, para ulama, dan para ulama maksudnya adalah para ahli hadis sebagaimana kata Ali Ibnul Madini, kata Ibnu, kata Imam al-Bukhari, di dalam kitab. Syarahf Ashabil Hadis punya khatib Al-Bardadi mereka adalah ulama wa ahlul Hadis. Ah kita ikuti jejak mereka, kita mengikuti nasihat-nasihat mereka. Dari. bukan malah kita berijtihad sendiri padahal kita belum selesai dari punya kalau yang tadi itu punya. adapun yang ana nukilkan sekarang adalah punya Ibnul Muqrib.. prinsip sunah menurut kami jadi istilah ushul dan itu sudah ada di zaman salaf takperlu kita mengatakan ini bidah, lalu kita tinggalkan, kita akan bilang apa dengan kitab Imam Ahmad macam ini, kitab ushulu sunah, juga kitab yang di hadapan ki. punya Ibnu Abi Hatim. Tapi yang bidah adalah pembagian usul dan menurut pola dari orang-orang muktazilah. Untuk ahlusunah, istilah usul dan sudah ada. Yaitu berpegang tegu. apa yang para sahabat Rasulullah sallallahu alaihi wasallam ada di atasnya. Yaitu menempuh jalan mereka, jangan membuat jalan sendiri. Meneladani mereka. Tidak, ini harusnya. tanpa Hamzah Koto ini ya, alif tidak, bukan meninggalkan bidah-bidah setiap kebidahan maka dia adalah kesesatan, bukan lagi di atas. jalan yang lurus. Selesai dari ushul sunah karya Imam Ahmad. Sallallahu alaihi wasallam. Kalian wajib setia dengan asar-asaran nabi sallallahu alaihi. Karena sesungguhnya dia adalah termasuk amalan-amalan kelurusan yang paling utama untuk diikuti. Ya wajib ikut sunah nabi sallallahu. alaihi wasallam. Selesai dari jamik. Kemudian kita kembali ke atas berarti jawabannya yes. Maka Abu Hatim Ar-Razi dan Abu Zur'ahzi menjawab. Kami dapati para ulama di seluruh negeri, ini menunjukkan walaupun mereka sendiri adalah para ulama, tapi mereka tidak melepaskan diri dari para ulama. Kalau memang semuanya sepakat. itulah kebenaran. Kalau ada khilaf, ah lihat mana yang paling sesuai dengan dalil, kalau ada khilaf. Sebagaimana itu dijelaskan oleh Al-Khatib Al Baghdadi di dalam kitab beliau kalau para sahabat telah bersepakat maka haram bagi generasi berikutnya mendatang. pendapat kedua. Kalau para sahabat jadi dua, haram generasi berikutnya untuk mendatangkan pendapat ketiga. Karena kebenaran tak mungkin keluar dari, dari para sahabat. Kemudian kalau para tabiin bersepakat, maka haram bagi generasi. untuk mendatangkan pendapat kedua. Tapi apabila tabiin terbagi menjadi dua, maka haram generasi berikutnya mendatangkan pendapat ketiga. Karena pasti salah satunya sudah betul. Karena tak mungkin dalam satu masa, semuanya adalah keliru. tidak mungkin. Karena Rasulullah telah menetapkan di setiap masa ada. Nah kalau ulama semuanya sepakat pada suatu perkara maka kita haram untuk mendatangkan pendapat yang lain.. kalau khilaf mmm kita lihat siapa yang hujahnya terkuat. Jangan mengatakan syekh fulan, syekh fulan bilang haram, syekh fulan bilang mmm mubah, menurut saya ini wajiblah, enggak boleh kita bukan mujtahid untuk kemudian ikut-ikutan men. khilaf. Kita salah satu dengan dalil yang ada semampu kita kalau mereka khilaf. Karena salah satunya pasti benar. Itu kalau khilaf. Kalau semuanya sepakat berarti apa? Tak boleh kita malah menyelisihi ijma.. Nah di sini dua ulama besar tadi menukilkan kalam para ulama. Kami mendapati para ulama di seluruh negeri. Nah itu yang disebutkan berikutnya masuk ke tajuk. Tajuknya ana buat sendiri untuk diklasifikasikan pembahasannya. Pembahasan pertama masalah iman itu bertambah dan berkurang.. maka termasuk dari mazhab para ulama yang kami dapati adalah iman adalah mmm ucapan dan perbuatan bertambah dan. berarti tadi ada catatan kaki yang belum dibaca ya. Iya. Untuk nama-nama negeri itu, kita baca catatan kakinya di dalam kalimat tadi. isyarat yang halus tentang kesepakatan dalam bab ini. Para ulama telah sepakat dalam perkara yang akan kami sebutkan. Dalam masalah-masalah prinsip-prinsip sunah.. al-Imam al-Ghuzani rahimahullah telah memastikan itu. Memang ini adalah ijmak. Ini dan beliau termasuk murid Imam Syafii yang paling terkenal. Sampai-sampai. mengatakan adalah penolong mazhabku. Walaupun kenyataannya Al-Ghazali sendiri sering menyelisihi Syafi'i karena beliau juga mujtahid, mujtahid dari Mesir. Baik. menunjukkan tidak ada yang namanya fanatisme, kalau salah maka mmm imamnya sendiri sudah mengatakan beliau mengatakan dalam. itu, ini adalah ucapan-ucapan dan perbuatan-perbuatan, telah disepakati oleh generasi pertama yang telah berlalu. Dari. imam yang membawa hidayah. Dan dengan taufik Allah, taufik dari Allah, para generasi yang mengikutinya, berpegang teguh dengannya.. meneladani dan meridai. Dan mereka para tabiin, menjauhi, boleh jadi tabiin atau yang sebelumnya. Karena yang ijmak, ijmak.. jauhi sikap memberat-beratkan diri pada perkara yang generasi pertama itu menahan diri. Mereka tidak membahas masalah ilmu kalam, takperlu kita letih-letih membebani diri dengan ilmu kalam. Mana yang lebih utama?. maujud atau sendiri pembahasan macam itu. Ma'ruf dalil, dalil makruf sudah cukup, tak perlu pakai cara ilmu kalam. Baik.. Maka dengan itu mereka diluruskan dengan pertolongan Allah. Tatkala merasa cukup dengan ajaran salaf dan tidak membebani diri dengan perkara yang salah menahan diri dari membahasnya, maka mereka pun dengan pertolongan Allah menjadi lurus.. mereka mendapatkan taufik mereka tidak membenci mengikuti salaf yang kalau membenci ikut. maka menjadi yaitu menjadi kurang nanti agamanya. Dan mereka tidak melampaui ajaran salaf kemudian memberikan tambahan-tambahan. sehingga melampaui batasan. Sudah agama sudah lurus, tak perlu tambah, tak perlu kurang. Ikuti saja. Kami percaya kepada Allah, termasuk percaya pada Allah adalah yakin ajaran ini sudah benar.. Allah untuk salat juga sudah tepat. Ikuti saja. Tak perlu letih-letih. Tidak seperti yang sekarang sedang muncul itu tokoh munafik. Yang di surat kabar kata, kata sebagian ikhwah mengatakan agama Islam itu tidak sempurna.. tidak yakin dirinya sempurna, nauzubillah. Tapi dia mengatakan saya muslim. Muslim apa kamu? Islam kepada siapa sebenarnya? Muslim tapi enggak percaya Alquran. Dia sendiri mengatakan, saya orang Islam, tapi saya sendiri tak percaya syariat Islam. Berarti Islam A. macam itu. Nauzubillah agama rusak orang itu. Teliti. Kenapa? Ah iya. Harusnya masuk rumah sakit bahagia. Ada mentalnya rusak. Rusak.. Hanya kepada Allah lah kami bertawakal dan kepada Allah-lah kami mencintai, mengikuti. jejak-jejak mereka yaitu mencintai zahirnya ya. Fi. Selesai dari syarat sunah al-Muzani. Ngerti apa? Ini adalah kesepakatan para salaf. Wallahualam.
Powered by Borodutch Invest