Kajian Kitab Terbitnya Dua Bulan Purnama (Istilah Iman)
Tarikh : 6 Rabiul Thani 1443 Khamis bersamaan 11/11/2021 Masehi
Kita masih di muka surah empat puluh tujuh dari catatan kaki dan masih eh membahas tentang masalah. istilah iman. Tentang apa sekarang? Maka tidak ada yang beriman kepada Musa kecuali keturunan dari kaumnya. air makna mana limusa di sini yaitu mengakui kebenaran Nabi Musa. Karena ikrar itu memang eh ber. dengan tasdik. Pembenaran. Kalau orang kafir, seperti siapa? Dalam hatinya sendiri meyakini kebenaran mmm Nabi Musa demikian pula iblis membenarkan tentang Allah, itu tasbih, tapi tidak menyebabkan. orangnya Islam. Demikian pula misalkan siapa itu? Abu Thalib membenarkan Nabi Muhammad tapi tidak dikatakan muslim karena belum ikrar, belum mengakui bahwasanya saya adalah orang yang muslim dan seterusnya.. akui bahwasanya inilah agama yang benar dan saya ikut. Tapi sekedar membenarkan. Memang itu, itu betul. Tapi dia tidak mengakui itu memang layak untuk saya. I lovedon, wa makna, secara. dan makna, ikrar memang berbeda dengan tasdir. Nah, iman menggabungkan dua-duanya. Tapi lebih dekat pada ikrar. Karena kalau tasyrik, ya itu dikatakan apa. yaitu masuk kepada secara langsung tanpa perlu perantaraan huruf jar. Kepada yang dibenarkan itu. Sementara tadi. Musa. Berarti apa? Maknanya adalah makanya iqra lebih dekat kepada keimanan daripada tasbih. Dan tidak dikatakan nanti disangka apa?. eh memberikan keamanan pada dia atau merasa aman terhadapnya iya ini dari keamanan bukan keimanan lagi kembalikan dari menakut-nakuti. Namun yang berlaku adalah berarti apa? Seperti yaitu jadi apa? Dari iqra.. kemudian apabila boleh untuk dikatakan Anda tidak membenarkan si fulan, ini boleh ada lam di situ, tetapi telah dijelaskan oleh para ulama, fiil yang mu. terkadang boleh dikuatkan dengan sebuah haraful jar, itu boleh. Tayib. Seperti apa? Ini langsung dia masuk kepada tetapi apa? Boleh juga mengatakan yaitu. seperti dalam Quran. Bukan karena takzim itu masuk kepada melalui perantaraan. Kenapa? Karena sebenarnya dia boleh masuk secara langsung. tapi adanya huruf jar untuk fiil yang mutaati itu adalah penguat, untuk menguatkan. Bahwasanya betul-betul memang kaum itu sangat mendustakan nabi mereka. Wa. mmm kemudian apakah Anda benar-benar membenarkan dia, memang membenarkan dia kenapa kata Syaikhul Islam, karena fiil. secara langsung apabila mendahulukan objeknya itu ataukah apabila. ol-nya didahulukan sebelum ada fiil, atau amilnya adalah berupa isim fail, dua nahwa dan yang seperti itu. akan melemahkan fiilnya. Dan ini pembahasannya adalah di dalam mmm kitab apa? Mmm tentang masalah ini. Asal dari VO adalah mendahului tapi apabila mas Olbinya. maka amalan sebuah fiil yang mutakaki itu jadi melemah. Maka perlu dibantu dengan apa? Dibantu dengan huruf jar yang sesuai. Makanya huruf jarnya di sini dia adalah untuk memperkuat dia. Demi. pula kalau fiilnya berubah menjadi tidak murni fiil. Maka dia menyebabkan amalannya juga mulai melemah. Sehingga perlu diperkuat dengan laki-laki adalah sebagai penguat di situ.. karena asalnya seperti itu. Makanya lain antara sedekah dengan kalau perlu nah seperti apa? Dia perlu intinya apa ini semua? Yaitu. Syaikhul Islam ingin membantah orang yang mengatakan iman itu sama dengan tasydid secara bahasa. Tapi jelas secara syariat di dalam keimanan wajib ada dan wajib ada ikrar tentunya. Bahkan secara bahasa juga ya.. kemudian beliau mengatakan di sini terkadang orang-orang Arab menjadikan dia mutaati dengan. untuk menguatkan kembali tadi atau fiil yang kehilangan failnya eh fiil yang kehilangan tadi dahulukan. Seperti. Langsung kepada tapi apa nah sekarang isim fail maka dia melemah kemudian. diajukan ke depan sehingga perlu dibantu dengan penguat berupa huruf jar, pakai ba. Toyyib, contoh yang lain apa dalam Quran, seperti A lima, dia langsung masuk kepada. sering dalam Quran, kita dapat, kan dapat ada di situ, karena untuk memperkuat. Walaupun apakah sebabnya adalah karena fiilnya melemah ataukah tujuannya. memperkuat lagi di sebagian buku mengatakan boleh ini boleh itu. Intinya di sini bukan pengikut asal dari fiil tersebut. Karena VL-nya sudah mutaadin. Cuma tujuannya memang memperkuat. Kemudian. yang lain saya memukul orang ini, langsung masuk ke kemudian ah ada lam, hanya kepada-Nya lah saya memukuli oh misalkan. masuk langsung ke yang pakai tapi pakai masuk dengan apa di situ. Demikian pula dikatakan langsung. Kemudian pakai lam. Tidak dikatakan tidak dikatakan itu hukum. walaupun sebagian eh ahli nahu mengatakan memasukkan ini untuk lebih memperkuat lagi boleh tapi hukum asalnya jelas tak perlu itu amanah kesimpulannya sedekah. dengan amanah. Karena tidak dikatakan apabila Anda ingin membenarkan, Anda mengatakan maknanya jadi lain kan? Saya memberikan keamanan pada dia nanti maknanya.. Seperti dikatakan ini jelas perlu karena dia memang perlu ke perlu perantaraan di antaranya. Berarti memang amanah dekat dengan ini perbedaan dari sisi lafadz masya Allah kita mmm belajar akidah tapi juga dipelaja. di sini. Sampai pada ucapan beliau, iman itu diambil dari walaupun secara nahwunya. lain. Tapi akar katanya menunjukkan kesamaan makna dari sisi apa? Yaitu keimanan akan mendatangkan keamanan. Dan juga kita iman pada Allah karena kita merasa aman keyakinan kita adalah benar tentang Allah.. aman. Yaitu ketenteraman. Lafal ikrar yaitu apa? Menetap, tentram juga yaitu apa? Ketentraman, jiwa. dekat dengan amanah berarti apa? Merasa aman. Sementara sadiq. Ataukah? Yaitu orang yang mendengar, merasa tenteram kepada berita dia. Makanya kita tidak mengatakan, yaitu tasyrik itu betul. tak boleh dimasukkan kepada iman, dia dekat tapi yang lebih dekat kepadanya adalah apa? Yaitu ikrar. Makanya kalau kita mengatakan iman itu maknanya tasdik, perlu bahkan yang pertama kali dimasukkan adalah ikrar, bukan. yang diutamakan tapi ikrarnya. Pendosta berbeda dengan itu, jelas kita tak merasa tentram dengan berita dia. Seperti dikatakan. kembali ke kembali ke hati sekarang. Kejujuran itu mendatangkan ketenteraman sementara kedustaan itu mendatangkan keraguan. Maka jangan heran mmm dalam kepolisian memakai apa itu istilahnya detektor kebohongan. Karena orang jujur, jiwanya tentram, darahnya tidak akan bergejolak. Tapi kalau dia dusta, kalau sementara dia orang yang fitrahnya masih boleh dikatakan baik-baik saja, darahnya itu akan bergolak karena jiwanya memberontak itu. Kecuali yang. dia sudah dilatih jadi penipu, penipu yang number satu seperti mungkin apa? Ya. Mmm seperti itu, bahkan sebaik-sebaik mau dilatih untuk dusta sampai boleh melampaui detektor kebohongan.. mampu memaksa jiwanya untuk yakin bahwasanya dusta ini adalah yang benar. Nah itu celaka seperti itu. Orang mukmin masuk kepada keamanan.. sebagaimana orang yang berikrar mengakui dia masuk kepada ikrar pengakuan atau ketenteraman, kor, koror, menetap.. lafaz ikrar pengakuan itu mengandung yaitu kesetiaan, ketekunan. Lalu dia memiliki dua bentuk, nah ini kelanjutannya masa yang akan datang insya Allah. lagu sikit-sikit saja. Ini lagu tingkat tinggi, ada di Indonesia sering orang-orang, orang-orang sufi mengejek, ah kalian membantah ini, itu mmm Alfiah saja tak lepas, alhamdulillah ahlusunah sebenarnya. paham masalah nahu, ulamanya paham. Ya tinggal kita yang belajar baik-baik kepada ulama kita. Wallahu alam.
Powered by Borodutch Invest
Sumber Channel Telegram: طلوع البحرين