Kajian Kitab Shohih Bukhari (Tsulatsiyat: Hadits 19)
Sumber Channel Telegram: Tsulatsiyat Shohih Bukhari
🎙Syaikh Abu Fairuz Abdurrahman bin Soekojo AlJawiy حفظه الله
Ralat
Muhammad bin Abdillah al Ansori, gurunya Imam Bukhari.
Dia Abu Abdillah al Ansori Al Basri, tsiqoh qodhi.
Humaid bin Abi Humaid al Basri.
Anas bin Malil al Ansori al Basri, pindah ke Basri.
Hadith ke 19
*التاسع عشر: شرعية القصاص في الجنايات*
Disyariatkannya qisos yang setimpal didalam jenayah (kriminal).
قال الإمام البخاري رحمه الله في صحيحه برقم (٦٨٩٤): حدثنا الأنصاري: حدثنا حميد: عن أنس رضي الله عنه: (أن ابنة النصر لطمت جارية فكسر ت ثنيتها، فأتوا النبي صلى الله عليه وسلم فأمر بالقصاص).
Imam Abu Hatim Ar Rozi, yang terkenal sangat susah mentsiqohkan orang, syaratnya berat, beliau terang-terang mengatakan, "Saya belum pernah melihat para imam kecuali 3, yaitu Ahmad bin Hanbal, Sulaiman bin Daud al Hasyimi dan Muhammad bin Abdillah al Ansori.
Anas, termasuk sahabat 5 besar yang meriwayatkan hadis.
"Anak wanita dari Nadr (datuk dari Anas bin Malik), makciknya Anas bin Malik, menampar salah seorang wanita disitu sehingga mematahkan gigi serinya. Lalu mereka (keluarga wanita itu, yang mangsa kehilangan gigi), mendatangi nabi صلى الله عليه وسلم , kemudian nabi memerintahkan adanya qisos.
Catatan kaki.
Gigi dibalas dengan gigi.
Kelompok membela hak asasi manusia selalu membela para penjenayah, dan sangat membenci hukum Islam. Mereka hanya membela hak asasi penjenayah, tetapi hak asasi mangsa tersia-sia. Itu yang sering terjadi.
Kata Ibnu Battol
Para ulama, bersepakat, ayat ini (surah al Maidah), pada orang yang sengaja. Kalau tidak sengaja tidak boleh.
Untuk yang tidak sengaja, pakai arasy, wajib membayar ganti rugi.
Yang mengatur adalah pemerintah.
Para ulama berselisih pendapat, kalau yang patah itu tulang-tulang yang lain dibadan kita.
Kata Imam Malik, tulang-tulang jasad ada qowad, apabila dipatahkan dengan sengaja, lengan bawah (yang berdekatan dengan pergelangan tangan itu), lengan atas, dua betis, dua tapak kaki, dua buku lali, jari kecuali jika tulangnya itu berongga seperti peha, dan yg seperti itu, tulang rusuk, ini dibayar dengan diyat.
Kufiyun mengatakan tiada qisos tulang kecuali gigi. Pendapat ini tidak betul. Juga pendapat Laits dan Syafii.
Qisos dilaksanakan oleh pakarnya (diserahkan kepada pemerintah).
Para ulama bersepakat tulang kepala tidak ada qisos, tetapi membayar diyat.