Header Ads

Kajian Kitab Terbitnya Dua Bulan Purnama (Muka Surat 102)

Kajian Kitab 
Terbitnya Dua Bulan Purnama 

طلوع البدرين:

Tarikh: 19 Syaaban 1443 Selasa bersamaan 22/03/2022 Masehi

Manirrahim. Kita masih di akhir-akhir buka surat satu kosong dua dari akidah. Akidah Abu Zurah dan Abu Hatim Ar-Rauziah ini. Catatan kaki. Imam Abdul. Ulama tahun lima ratusan.. sifatilah. Demikian pula kaum muslimin bersepakat. Jadi bukan hanya ahlusunah, tapi orang Islam berarti yang tidak sepakat dengan ini, keislamannya mengalami kerusakan.. Apakah kafir tidak wajib langsung kafir, tapi mengalami kerusakan, menyelisihi ijmak kaum muslimin. Generasi terdahulu dan generasi belakangan dari mereka untuk meriwayatkan Hadis-Hadis tentang sifat-si. Allah. Dan tentang masalah takdir. Dan masalah dilihatnya Allah pada hari kiamat. Tentang prinsip keimanan. Ini sisi pendalilan yang diingin. syafaat memang betul-betul ada. Selesai dari syafaat sebagiannya memang khusus dimi. oleh Rasulullah sallallahu alaihi wasallam sebagiannya tidak demikian, dan pembahasan syafaat ini dijabarkan yaitu di. di tempat tersendiri, yaitu bukan di kitab ini. Karena dia panjang pembahasannya. Oh iya, masuk ke baru.. ditetapkannya pembangkitan para makhluk setelah kematian secara hakiki pada hari kiamat. termasuk keyakinan seluruh ulama yang kami dengar, kami jumpai di berbagai negeri-negeri muslimin adalah bahwasanya dibangkitkannya para makhluk setelah kematian itu. benar adanya. Menyelisihi apa? Kelompok eh komunis dan yang lainnya.. sesungguhnya ahlusunah waljamaah beriman kepada berita Allah taala dan rasul-Nya sallallahu alaihi wasallam bahwasanya hari akhir itu pasti tiba. kemudian yang terjadi adalah pembangkitan setelah penghancuran maka pembangkitan. Berdasarkan firman Allah taala dan bahwasanya. hari kehancuran, sah, artinya adalah kehancuran. Hari kehancuran itu pasti datang tanpa ada keraguan di dalamnya. Dan bahwasanya Allah akan membangkitkan orang. yang di dalam pekuburan. Ma, ini secara lafaznya mufrad, tetapi secara makna dia umum, makanya fil kubur. Ini jamak dari tak mungkin satu orang dikubur banyak kuburan kan, ho biasanya ya. Te. lalu bagaimana ini ya memang cara lafaznya mufrad tetapi secara makna dia jamak makanya bukan. bertakwalah kalian kepada Allah dan ketahuilah bahwasanya kalian hanya kepada-Nya kalian itu dikumpulkan didahulukan sebagai pembatasan hanya pada Allah bukan pada yang lain kalian. itu dikumpulkan. Nah ini polanya pola ancaman, kalau kembali ke pada Allah berarti apa? Laksanakan perintah, jauhi larangan agar mendapatkan pahala dan selamat dari siksa. Karena ada pemeriksaan.. maka setiap setiap orang mereka semua ya semua orang akan kembali kepada Allah dengan badan-badan mereka. Tidak seperti keyakinan sebagian ahli. yang dikembalikan hanya ruh, badan sudah hancur, yang hancur tak mungkin kembali. Katanya, yakin Allah taala punya kekuasaan yang mutlak. Kenapa? Allah tak kuasa untuk menghidupkan, untuk mengembalikan badan yang hancur. Ini sebagian ahli. mengingkari dan pengingkaran itu menunjukkan jahilnya mereka berdasarkan dalil-dalil yang banyak, berbeza dengan pendapat sebagian. filsafat. Allah yang Mahaagung keagungan-Nya berfirman dan Dialah yang memulai penciptaan. dia mengembalikannya lagi dan pengembalian itu lebih mudah bagi dia tanpa ada kalau ini lebih budak apakah yang pertama susah? Bukan. Tapi yang pertama senang, yang kedua lebih senang lagi tanpa ada. yang pertama tak ada, tak ada apa? Contoh, itu aja senang untuk Allah. Yang kedua, sudah pernah ada contoh dan bahan-bahan pun ada, maka itu lebih senang lagi, lebih mudah. di dalam ayat tadi ada penetapan di dalam wahyu tadi ada penetapan tentang dibangkitkannya para makhluk setelah kematian pada hari kiamat. pola-pola seperti ini dia dengan apa? Bukan mutakaliq kepada kematiannya di dunia tapi pembangkitannya yang di hari kiamat khilafan lil. berbeza dengan pendapat orang-orang kafir yang mengingkari itu dan mereka menganggap mustahil, hidupnya tulang belulang, setelah menjadi. tulang belulang yang rebut yang hancur luluh. Nah dalilnya yang disebutkan setelah itu beberapa jalan atau metode yang. datangkan untuk menetapkan pembangkitan setelah kemat
Putin and his cronies kill civilians in the war in Ukraine #stopputin

ian. Yaitu pola dalilnya ada berapa? Dalil banyak sekali. Namun pola dalil tentang adanya hari berbangkit itu ada beberapa pola di dalam Alquran.. Allah taala telah mengingatkan tentang kekuasaan dia, kemampuan dia untuk menghidupkan orang-orang mati dengan. cara, cara eh penjelasannya, sebagian yang disebutkan oleh Imam Yahya bin Abdul Khoir Al-Amroni di dalam kitab beliau ulama tahun lima ratusan juga itu. Di antaranya. eh kata Ibnu Mandor boleh jadi boleh boleh takmasalah. pola pertama adalah Allah mengingatkan bahwasanya Dia-lah yang menghidupkan manusia pada kali yang pertama. Berarti apa? Maka dia juga mampu untuk menghidupkan mereka. pada kali yang lain. Allah mampu melakukan itu berulang-ulang, terserah dia. Ini pola qiyas. Kalau mampu pada kali pertama, mampu pula pada kali yang kedua. Bahkan apa? Karena lebih mangkul lagi, lebih senang si. pernah ada contohnya apakah manusia tidak melihat bahwasanya kami telah menciptakan dia dari dan. air mani. Dia haros ya, datang setelahnya adalah isim. Tiba-tiba saja maka tiba-tiba saja yaitu dengan serta-merta dia menjadi penentang yang jelas, yang jelas. penentangannya. Dulu tak mampu bicara, diajari sikit-sikit, setelah pandai bicara malah membantah Allah. Ah ini taktahu diri, nauzubillah. Toyib, dia membuat untuk kami permisalan dan. dia lupa pada penciptaan dirinya sendiri. Permisalan dengan apa? Tulang berulang yang reput itu. Nah dia lupa dirinya sendiri, jadi permisalan yang bagus tentang kemampuan Allah, dia lupa.. dia bertanya siapakah yang mampu menghidupkan tulang belulang ini dalam keadaan dia sudah hancur luluh, waunya katakan wahai ra. kepada orang itu yang menghidupkannya adalah zat yang menciptakannya pada kali yang pertama dan Dia Mahatahu terhadap setiap makhluk-Nya. Tayib. jadi di sini ada dua ilah untuk menggabungkan dua perkara tadi, ilah pertama adalah kemampuan, ilah kedua adalah ilmu, dia tahu penciptaan pertama tentunya dia tahu penciptaan yang kedua, maka taat. alasan untuk mengingkari kemampuan Allah taala, menciptakan yaitu kenyataan bahwasanya Allah akan menciptakan atau menghidupkan pada kali yang lain. Wah. umat manusia apabila kalian berada di dalam keraguan. Ini tauhid kuat sekali di dalam masalah balado, bukan kalian meragukan atau merasa ragu, tapi. betul-betul keraguan dan kebimbangan itu sampai menyelimuti kalian. Ini betul-betul apa? Yaitu balaghahnya kuat sekali di sini. Kenapa Allah memilih bukan dengan jumlah ismiah biasa yaitu murtadin atau cuma. tapi betul-betul kalian berada dalam situasi itu, dikepung situasi itu. Baik, walaupun sampai keraguan tingkat paling parah maka Allah akan memberikan penjelasan yang menyelamatkan. dari keraguan tadi. Memang Quran adalah obat. Maka sesungguhnya kami menciptakan kalian eh keraguan, kebimbangan terhadap hari berbangkit. Maka sesungguhnya. telah menciptakan kalian dari debu. Yang dari debu adalah Nabi Adam. Kemudian ini adalah anak keturunannya. Sebagaimana telah Allah perinci di dalam surat As-Sajdah. Kemudian. dari darah yang tergantung kemudian dari segumpal daging yang ukurannya hanya seukuran yang mungkin digigit oleh mulut, masuk ke dalam mulut. Toyib, ini adalah siapa manusia yang ma. menciptakan dari ini kemudian ke sini kemudian ke sini. Tak mampu. Hanya Allah yang mampu. Kalau Allah mampu melakukan ini, mampu pula, melakukan pada kali yang kedua. Yang disusun, dibentuk. dan ada juga yang tidak dibentuk kembali ke takdir Allah taala. Untuk kami terangkan kepada kalian terangkan apa? Dihapus menuju. ini umum. Yaitu kekuasaan, kemampuan, kesempurnaan ilmu, dan seterusnya. Dan kami jadikan, menetap di dalam rahim-rahim wanita,. yang kami kehendaki, ada yang selamat, ada yang jadi apa? Yaitu apa namanya, bayi yang keguguran itu ya, yang gugur itu. Nah, kita bersyukur Allah jadikan kita termasuk yang selamat dan mampu hidup, mampu mmm. apa itu? Makan KFC, makan apa saja sejak ah yang lain ada yang tak mampu. Tak bahkan tak sempat menikmati hidup. Baik, jelas ini kenikmatan untuk keumuman. samp

ai pada batas waktu yang telah ditentukan. Mungkin delapan bulan, sembilan bulan, ada yang dua belas bulan, terserah Allah taala. Kemudian kami. kalian sebagai bayi. Tak mampu apa-apa. Serba apa? Serba tergantung pada orang lain. Kemudian yaitu kami piara kehidupan kalian a. kalian mencapai masa terkuat kalian, kata jumhur ulama adalah usia empat puluh tahun, di antara kalian ada yang diwafatkan dalam ayat yang lain yaitu sebelum itu, sebelum mencapai. 

Dan di antara kalian dari kalian ada yang dikembalikan kepada usia yang paling hina yaitu sampai dan seterusnya. Sampai tua renta yang tak mampu berakal lagi, kembali seperti anak-anak. agar tentunya alamnya di sini adalah bukan tapi kesudahannya apa? Dia mmm ti. mengetahui sesuatu apa pun setelah dia sebelumnya itu tahu. Sebagaimana dulunya tak tahu jadi tahu. Sekarang kembali lagi nikmat datang dari Allah diberikan pada kita suatu saat akan dikembalikan lagi ke dirinya, diambil lagi. kelanjutannya di masa harapan insyaallah wallahu alam.

Sumber Channel Telegram: طلوع البدرين
Diberdayakan oleh Blogger.