Kajian Kitab Terbitnya Dua Bulan Purnama (Muka Surat 170)
Kajian Kitab
Terbitnya Dua Bulan Purnama
طلوع البدرين:
Tarikh: 14 Syaaban 1443 Khamis bersamaan 17/03/2022 Masehi
Haudh.
Kepemimpinan orang yang bangang.
Kita masih di buka surat seratus tujuh puluh dan masih melanjutkan iya seakan-akan memang ini jadi tafsir. Ali Imran yang terkait dengan Perang Uhud. Hasil dari tadabur. Mihluh. berfirman, apabila kalian tertimpa luka-luka, maka sungguh luka-luka semisal itu juga menimpa kaum tersebut, menimpa orang kafir, semuanya juga luka-luka.. Kalian sama, di dalam masalah luka dan rasa sakit. namun kalian berbeza di dalam masalah harapan dan pahala. Ya karena mereka orang kafir tidak mengharap dengan harapan yang benar kepada Allah dan tidak mendapatkan pahala. Sementara kalian mengha. pada Allah semata dan kalian mendapatkan pahala karena ikhlas kepada Allah. Berarti sama-sama takpakai itu ya, ilmu kebal ya, sama-sama luka baik, iyo,. apa berbuat syirik, ilmu kebal? Sebagaimana firman Allah taala, apabila kalian mengalami luka-luka, maka sesungguhnya. mereka juga mmm apabila kalian merasa sakit maka sesungguhnya mereka juga merasa sakit sebagaimana kalian merasa sakit. Dalam keadaan kalian mengharapkan dari Allah. apa yang tidak mereka harapkan. Maka ada apa dengan kalian? Kalian melemah,. ada luka dan ada rasa sakit. Dalam keadaan mereka juga mengalami yang seperti itu, namun di jalan setan.. sementara kalian mengalami itu di jalan-Ku dan mencari keridaanku. Tayib, orang kafir bersabar dalam berperang membela mereka, kenapa kalian. bersabar membela Ar-Rahman dan seterusnya. Ini nasihat yang bagus, sebagaimana nasihat seorang pencuri toh ya pencuri tapi masih dari kalangan ahlusunah. Gimana pencuri dari. wasallam. Iyalah, ahlusunah, akidahnya dan manhaj, tapi mungkin ada yang korupsi, ada juga yang mencuri, ada juga yang berdusta saja ada yang dusta, dia tapi dia akan. seperti siapa Nuh al jamin. Ya jelas itu dosa besar. Seperti yang diriwayatkan oleh Imam Ibnu Asaqir di dalam kitab beliau mmm Tarif Dimas tatkala Imam Ahmad diancam besok. akan dicambuk karena lupa sudah dicambuk atau apa karena setiap hari atau setiap beberapa hari sekali dicambuk. Maka datang, datang surat dari mmm teman penjara tapi di sel yang lain. Penga. saya ini dicambuk di jalan setan seribu kali. Ah Anda di jalan Allah, maka bersabarlah ditanya ini siapa yang mengirim surat itu si pencuri itu, pencuri itu tetap tahu akidah yang betul. cuma apa? Nah terus dia memberikan semangat pada Imam Ahmad. Saya sendiri tahu ini saya di jalan setan ini pencuri. Summa. kemudian Allah menghabarkan bahwasanya dia mempergilirkan hari-hari dari kehidupan. ini di antara umat manusia ada hari kemenangan, ada hari kekalahan. Oh iya, kalau menang bersyukur, kalau kalah bersabar dan tidak melemah.
Dan bahwasanya hari. tadi hari bergiliran itu adalah sesuatu yang sela akan selalu menghadang Arab, selalu menghadang yang akan selalu ada.. jualan Allah membagi-bagi hari itu silih berganti, jualan. Silih berganti di antara para walinya dan musuhnya.. dengan akhirat karena sesungguhnya kemuliaannya, pertolongannya, dan harapannya itu murni. khusus hanya untuk orang-orang yang beriman, kehidupan akhirat itu. Dunia, dunia memang apa? Macam roda, macam cair, kadang di atas, kadang di bawah, dengan itu dia berjalan.. lalu beliau, lalu Allah menyebutkan hikmah yang lain yaitu agar kaum mukminin terpisah. kaum munafikin. Maka Allah mengetahui mereka berupa ilmu penglihatan. Masalah ilmu jelas Allah sudah tahu sebelum menciptakan segalanya.. lama yang disebutkan di dalam ayat agar Allah tahu maksudnya adalah kata Imam Ibnu Katsir kalau kata Imam Ibnu Qayyim istilahnya ilmu rukyah yaitu ilmu yang dibangun di. penglihatan secara langsung tanpa menafikan, tanpa meniadakan ilmu yang sebelumnya. Yaitu menyaksikan secara langsung.. setelah dulunya mereka juga diketahui oleh Allah di dalam ilmu gaibnya. Jadi ilmu memang terbagi-bagi.. tadi mmm ilmu yang terkait dengan perkara gaib tersebut tidak diakibatkan darinya pahala ataupun dosa maksudnya apa? Ini makruh di dalam pelajaran. Allah tahu Abu Jahal itu dosa banyak suatu saat nanti. Tapi apakah pengetahuan Allah di masa azali itu mendatangkan pahala bagi Abu Jahal atau dosa? Tidak. Karena belum terjadi. Nah nanti tatkala. Sudah tiba masanya, Nabi Muhammad berdakwah, kemudian Abu Jahal menentang, ah, di situlah yang dikatakan ilmu rukiah atau ilmu wati'i dan di situlah akan mulai berlaku masalah dicatatnya dosa dan. pahala untuk dia. Dicatat maksudnya catatan para malaikat pencatat amalan itu. Nah di situ akan mulai pembahasan masalah dia akan dihukum demikian atau dia mendapatkan pahala demikian dan seterusnya.. Hanyalah pahala dan hukuman itu dihasilkan pada perkara yang. ketahui apabila perkara tadi sudah disaksikan dan sudah terjadi. Yaitu di dalam indera memang sudah nampak secara langsung, sudah terjadi. Kemudian Allah menyebutkan hikmah yang lain yaitu Allah yang. suci mengambil sebagian dari kaum mukminin, para syuhada, levelnya dinaikkan tinggi sekali, dijadikan mati, terbunuh tetapi pahalanya berlipat ganda, dan hidupnya hidup yang hakiki, tidak. yang tidak mencapai level ini. Karena sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang mati syahid dari para hamba-Nya.. Dan Allah telah mempersiapkan untuk mereka, kedudukan-kedudukan yang paling tinggi dan paling utama. Dari sisi, dari beberapa sisi, jelas yang lebih. ya, para nabi dan makruh. Tapi secara beberapa sudut pandang jelas ini tertinggi di antara keumuman kaum mukminin. Allah mengambil mereka untuk dirinya sendiri.. makhluk-makhluk yang dikhususkan dan terkasihi. Maka takmungkin lari tak mungkin lari. Orang tersebut.. akan memberikan arti artinya pasti, pastilah tak mungkin untuk dihindari bahwasanya Allah akan memberikan kepada mereka, menjadikan mereka mencapai derajat, derajat syahada. Dan Allah tidak menyukai orang-orang yang zalim. Disebutkan dengan pola apa ini? Berarti ilahnya di sini. Sebab. Allah tidak cinta mereka, kenapa? Karena kezaliman mereka. Maka ini dalilnya menjadi umum. Bukan hanya terkait dengan Perang Uhud. Kalau lafaznya sudah menjadi umum, ada ilah yang seperti ini. Tandi. kata beliau ini peringatan yang tempatnya itu, tempat berlakunya itu lembut sekali, bahwasa. allahumma Allah benci dan tidak suka. Ini sama ya karoha dan bogot yaitu membenci terhadap orang-orang munafik. walaupun ayatnya umum tetapi ini ini adalah sindiran kepada orang-orang yang mereka menelantarkan nabi. Dari pada waktu Perang Uhud. Kurang lebih berapa. itu yang dibawa lari oleh Abdullah bin Ubay waktu itu berapa kurang lebih orangnya sepertiganya kan, sepertiga dari, dari seribu yaitu kurang lebih tiga ratusan. diajak pulang oleh Abdullah bin Ubay lalu mereka pulang kurang lebih tiga ratus orang itu. Mereka tidak menyaksikan Perang Uhud.. dan Allah tidak mengambil dari mereka para syuhada, rugi besar. Toyib. Kalaupun selamat dari Perang Uhud, tapi sebentar lagi mati juga, tak mungkin, kita lari dari kematian.. mati juga. Lalu untuk apa lari? Rugi sekali. Tak dapat pahala dan bahkan dapat dosa besar. Lari dari perang. Karena Allah tidak cinta pada mereka. Makanya Allah tidak. Maka Allah taala meluputkan mereka dari pahala-pahala yang besar. Maka Allah membalikkan hati mereka taklagi maju ke depan. Rikes artinya adalah kembali.. sama ya, mengembalikan, memulangkan mereka untuk Allah menghalangi mereka dari apa yang Allah khususkan bagi kaum mukminin. pada hari itu Allah menghalangi mereka dari apa yang Allah berikan kepada orang yang menjadi mati syahid dari kaum mukminin. maka Allah memperlambat orang-orang yang zalim tadi yaitu Allah memper. mereka dari menempuh sebab-sebab yang mana Allah dengan maka yang mana Allah memberikan taufik kepada para wali-Nya dan tentaranya untuk melaksanakan sebab-sebab tadi, pahala ada sebabnya surga juga ada seba. kalau seseorang dihalangi dari sebab berarti apa? Allah tidak suka dia itu mendapatkan apa yang dijanjikan.
Sebagaimana kata para ulama sebagaimana ditanyakan pada Al-Hasan al-Bas. saya tak tahu kenapa saya tak mampu salat malam. Maka beliau mengatakan dosa-dosamu yang menghalangi itu, yaitu Allah taksuka dengan dosa-dosamu itu untuk Allah, untuk engkau menghadap Allah. Tapi contohnya apa? Allah suka hamba yang bertaubat, Allah suka mereka rajin solat. Tapi dosa-dosa itu memang jadi beban, menghalangi orang untuk mudah untuk bangkit, untuk qiyamul lail walaupun satu rakaat. Nah, orang munafik pun. lebih-lebih lagi mereka karena kotoran yang besar di hati mereka untuk salat malas kalau paket untuk salat mereka bangkit dengan bermalas-malasan karena Allah memang ta. Suka mereka, maka Allah tak memberi mereka taufik untuk memperbanyak pahala. Bahkan memang apa? Namanya munafik, pahala gugur. Munafik iktikabi. Kita ambil sedikit lagi, kemudian Allah menyebut. hikmah yang lain di dalam perkara yang dia timpakan sesuatu yang dia timpakan pada mereka pada hari itu. Semua Allah pasti mualaf, pasti ada ilahnya,. ada hikmahnya. Tidak seperti akidah Asy'ariyah, mengatakan semua fil Allah itu tak ada hikmah. Dan tidak seperti ucapan Muktazilah, seluruh fiil Allah itu hikmahnya aqliyah, ini salaf. Ada sebagian hikmah yang akal mampu mema. ada banyak sekali hikmah dari Allah yang akal tak akan sampai itu. Tapi Allah maha hakim, maha penuh hikmah. Yaitu. Menyucikan orang-orang yang beriman. Makna tamhis adalah tankiyah, yaitu pembersihan. Bersih, tahli. yaitu pembebasan. Pembebasan mereka dari dosa-dosa dan dari penyakit-penyakit jiwa. Dengan adanya musibah mereka dicuci.
Sumber Channel Telegram: طلوع البدرين